Memenangkan Loyalitas Pelanggan Melalui Corporate Social Responsibility Di Pasar Air Minum Kemasan

  • Arum Wahyuni Purbohastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sultan Ageng Tirtayasa
  • Widya Nur Bhakti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhammad Johan Widikusyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sultan Ageng Tirtayasa
Abstract views: 409 , PDF downloads: 1221

Abstract

Persaingan yang ketat dipasar air minum kemasan memaksa setiap pemasar di Industri ini menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk bertahan dan memenangkan persaingan dengan menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model penelitian yang menggambarkan peran CSR dalam membangun loyalitas pelanggan di pasar air minum kemasan dengan melibatkan dua variabel lain sebagai mediator yaitu kepuasan pelanggan dan kepercayaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemasar air minum kemasan untuk menghadapi persaingan di pasar yang mereka perjuangkan.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 konsumen air minum dalam kemasan di kota Serang dengan teknik Accidental sampling. Teknik analisis yang akan digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak AMOS.

Temuan penelitian ini membuktikan bahwa CSR memengaruhi kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Kepuasan terbukti memengaruhi kepercayaan dan loyalitas terhadap sikap pelanggan. Kepercayaan pelanggan terbukti berpengaruh pada Loyalitas Sikap. Kepuasan dan kepercayaan tampaknya tidak berpengaruh pada Loyalitas Perilaku.

Kepuasan dan kepercayaan adalah variabel yang memediasi pengaruh CSR pada loyalitas sikap. Dengan demikian, CSR dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan meningkatkan atau meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan mereka.

 

Kata kunci: CSR, Loyalitas, Kepuasan, Kepercayaan

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-01-18