“ANALISA KUALITAS PELAYANAN PASIEN PADA KLINIK UMUM PRATAMA KASIH BUNDA YANTI RAJAMANDALA”.

  • wala erpurini universitas pasundan
Abstract views: 305 , 6 downloads: 2150

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan pasien yang diberikan oleh Klinik Umum Pratama Kasih Bunda Yanti Rajamandala. (studi kasus pasien Klinik Umum Pratama Kasih Bunda Yanti Rajamandala). Serta untuk mengukur indikator kualitas pelayanan pasien di Klinik Umum Pratama Kasih Bunda Yanti Rajamandala.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara sebanyak 3 orang pasien dengan ketentuan pasien yang berumur di atas 17 tahun dan pernah menginap minimal 1 hari. Untuk melihat kualitas pelayanan yang telah diberikan oleh pihak klinik, digunakan lima fokus kualitas jasa servis (Service Quality), antara lain yaitu : Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty) dan Bukti Fisik (Tangibles).

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kelima fokus tersebut pada pelayanan Klinik Umum Pratama Kasih Bunda Yanti Rajamandala sudah baik hanya pada fokus Bukti Fisik (Tangibles) pada indikator kebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruang pasien dan kelengkapan alat-alat kesehatan pada Klinik Umum Pratama Kasih Bunda Yanti Rajamandala masih kurang baik.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pasien

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-07-06