ANALISIS LOKASI USAHA TERHADAP PENJUALAN PEDAGANG BUAH-BUAHAN DI SEPANJANG JALAN CIPTAYASA SERANG

  • Khaeruman Khaeruman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Bangsa
  • Encep Saefullah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Bangsa
Abstract views: 804 , PDF downloads: 2278

Abstract

Tempat/lokasi usaha merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran yang sangat penting bagi kelangsungan suatu usaha, terutama bagi para PKL disepanjang Jalan Ciptayasa Serang. Keberadaannya yang cenderung bertahan di lokasi tersebut menarik untuk  diteliti. Padahal kita ketahui tempat/lokasi tersebut dilarang oleh pemerintah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel pemilihan lokasi usaha berpengaruh terhadap penjualan para pedagang tersebut sehingga mereka tetap bertahan.

            Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan survei. Jumlah sampel sebanyak 64 orang , sedangkan teknik pengambilan menggunakan Acak Sederhana. Variabel bebasnya terdiri dari kemudahan untuk dilihat (X1), kemudahan untuk dikunjungi (X2), kesesuaian dengan sarana jual (X3) dan variabel terikatnya adalah realisasi penjualan (Y). Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabelitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.

            Hasil penelitian menunjukan variabel kemudahan untuk dilihat (X1), kemudahan untuk dikunjungi (X2), serta kesesuaian dengan sarana jual (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap realisasi penjualan. Dari penghitungan uji F di peroleh F hitung 16,968 > F tabel 2,75. selain itu nilai Adjusted R Square yang sebesar 0,432 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 43,2 %. Dan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel kemudahan untuk dikunjungi (X2) dan kesesuaian dengan sarana jual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikatnya sedangkan variabel kemudahan untuk dilihat (X1) tidak berpengaruh secara signifikan dengan t hitung variabel kemudahan untuk dikunjungi (X1) sebesar -0,771 < t tabel 2,000, kemudahan untuk dikunjungi (X2) sebesar 2,522 > tabel 2,000, kesesuaian dengan sarana jual (X3) sebesar 3,237 > t tabel 2,000. Diduga ada variabel lain yang mempengrauhi dalam pemilihan lokasi usaha selain ketiga variabel diatas. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk mencari dan menyempurnakan penelitian sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-08-28
Section
Articles