Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Profitabilitas Dengan Loan To Deposit Ratio (LDR) Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Sektor Perbankan Bank BUMN Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009 – 2018)

  • Suhandi Suhandi Fakultas Ekonomi Universitas Bina Bangsa
Abstract views: 502 , PDF downloads: 1826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh terhadap Profitabilitas dengan menggunakan Loan to Deposit Ratio (LDR) sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini, Profitabilitas diukur dengan Return On Assets (ROA).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan bank BUMN yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI)  periode 2009-2018 sebanyak 4 perusahaan, kemudian sampel ditentukan dengan metode sampling jenuh atau metode sensus yaitu dengan mengambil seluruh populasi yang terdiri dari 4 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), analisis jalur (path analysis), dan uji sobel.

Hasil uji hipotesis dan uji sobel menunjukkan bahwa: 1) CAR tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas. 2) CAR tidak berpengaruh terhadap LDR. 3) LDR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas. 4) LDR tidak mampu memediasi hubungan CAR terhadap Profitabilitas.

Kata KunciCapital Aadequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR),

                        Profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-07-26