Main Article Content

Thoha Nurhardian
Riyan Ferdiansyah
Saleh Dwiyatno

Abstract

Kurang sadarnya dalam berlalulintas memang masih butuh kerjasama yang baik antara pihak Kepolisian Lalu lintas dengan masyarakat sekitar . Banyak pengendara yang masih belum cukup umur sudah mengendarai kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Kecerobohan pengendara dalam berkendara dengan tidak menggunakan helm, memarkir kendaraan sembarangan, dan kurang mematuhi peraturan lalulintas. Kurangnya penyampaian iklan yang interaktif menjadikan masyarakat sulit untuk mengetahui dan mengerti akan pentingnya tata tertib berlalulintas. Terkait hal ini diperlukannya sebuah iklan layanan masyarakat yang komunikatif. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membuat iklan layanan masyarakat berbasis multimedia. Penelitian di lakukan dengan tujuan terciptanya sebuah iklan layanan masyarakat berbasis animasi multimedia dengan menggunakan beberapa aplikasi yaitu aplikasi adobe premiere dan adobe after effect dalam bentuk video yang mudah dipahami oleh masyarakat di kota Rangkasbitung yang dapat diterapkan sebagai kebutuhan Instansi media informasi tambahan di kesatuan Satlantas Polres Lebak. Penelitian dilakukan di Kota Rangkasbitung, Populasi dalam penelitianini, seluruh masyarakat kota Rangkasbitung. Penayangan iklan layanan masyarakat berbasis animasi multimedia berjalan dengan baik dan sesuai sasaran audience yang dituju di kantor SATPAS SIM Polres Lebak, Cafe Wisma Sugri, danSamsat Lebak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Arifin, Eva. 2010. Broadcasting to be Broadcaster. Yogyakarta : Graha Ilmu.
[2] Binanto, Iwan. 2010. Multi Media Digital Dasar Teori dan Pengembanganya. Yogyakarta : Andi
[3] Fithry, Abshoril. 2014. "Tinjauan Yuridis Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terhadap Tingkat Kesadaran dan Kepatuhan Masyrakat Sumenep". Jurnal. 1 (1): 31-39.
[4] M.A, Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana Pranata Media Grup.
[5] Munir. 2013. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta
[6] Nizar, Muhammad. (2015, 26 Juni). http://180.241.122.205/dockti/MUHAMMAD_NIZAR-skripsi_nizar.pdf
[7] Prakoso, Septian Dwi. 2014. "Metode Yuridis Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009. Iklan Layanan Masyarakat Sosialisasi Berkendara Bagi Usia Remaja agar Tertib Berlalu Lintas". Jurnal. 1 (1): 102-106.
[8] Pusat Bahasa Kemdiknas Republik Indonesia. 2012. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung : CV Pustaka Setia.
[9] Shabab, Muhammad Reyza. 2013. "Studi Efek Iklan Layanan Masyarakat tentang Anjuran Membayar Pajak Melalui TVRI Kaltim". Samarinda: Jurnal. . 1 (2): 311-323
[10] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
[11] Wahana Komputer. 2013. Beragam Animasi Iklan Menggunakan Adobe After Effect cs6. Semarang : Andi