MODEL PEMBELAJARAN KOSAKATA TIGA BAHASA BERBASIS GAME (STUDI KASUS PENGENALAN BUAH-BUAHAN)

Authors

  • Ahmad Dedi Jubaedi Universitas Serang Raya
  • Samsul Bahri Universitas Serang Raya

Abstract

Penelitian ini tentang model pembelajaran kosakata tiga bahasa berbasis game studi kasus pengenalan buah-buahan. Tempat penelitian di SDIT Bina Bangsa merupakan salah satu sekolah dasar di Kota Serang yang menerapkan kurikulum pembelajaran 3 bahasa, dalam pengajarannya masih menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan menggunakan buku panduan.  Hal tersebut mendorong penulis untuk merancang sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata tiga bahasa yang menyenangkan. Pada penelitian ini, Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara sedangkan model pengembangan sistem menggunakan model Luther - Sutopo, yaitu melalui enam tahap (1) Concept, (2) Design, (3) Collecting Material (4) Assembly (5) Testing (6) Distribution.  Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi model pembelajaran kosakata tiga bahasa berbasis game studi kasus pengenalan buah-buahan yang digunakan sebagai media pembelajaran kosakata tiga bahasa di lingkungan SDIT Bina Bangsa.

 

Kata Kunci : Aplikasi, model pembelajaran, Game Edukasi, Buah-buahan, Multimedia

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Dedi Jubaedi, Universitas Serang Raya

Fakultas Teknologi Informasi

Samsul Bahri, Universitas Serang Raya

Fakultas Teknologi Informasi

References

Anik Vega Vitianingsih. 2016. Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM.Vol. 1, No. 1

Antonius Tri Setio Nugroho. 2011. https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan- jenisjenisnya/. (12 April 2018). Pkl. 11.30 WIB

Jubaedi, Ahmad Dedi, 2017, Digital Learning Based Story Telling Model Untuk Pembelajaran Sejarah, Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan | SENASSET Vol.2, Unsera, Banten

Budiono. 2014. Kamus Lengkap 975 Triliyun. Jakarta: Bintang Indonesia

Hakajiten. 2014. https://hakkajiten.wordpress.com/index/pengantar-teori-game/

pengertian-game/. (12 April 2018). Pkl. 16.15 WIB

Hermansyah, Leo Fajar Gustomi, Nurhayati. 2015. Desain Aplikasi Pembelajaran Doa-doa Harian Berbasis Game Edukasi. JURNAL SISFOTEK GLOBAL. Vol. 5 No. 2

Anonymous. 2017. https://balitbangsdm.kominfo.go. id/publikasi-indikator-tik-9.htm. (18 September 2018). Pkl. 14.15 WIB

Munir. 2015. MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Nurul Fitriyani, Dewi Tresnawati, Nahdi Hadiyanto. 2014. Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka Dan Warna Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Algoritma STT Garut. Vol. 11 No. 1

Ridwan Arif Rahman, Dewi Tresnawati. 2016. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma STT Garut. Vol. 13 No. 1

Susy Rosyida. 2017. Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA STMIK ANTAR BANGSA. Vol. 3 No. 1

Ust. HM. Mansyur Akram. 2010. Kamus Lengkap Bahasa Arab. Jakarta: Bintang Indonesia

Wahana Komputer. 2010. Adobe Illustrator CS4. Semarang: Penerbit Andi

Wahana Komputer. 2013. Membuat Game Interaktif menggunakan Adobe Flash CS6. Semarang: Penerbit Andi

Zian Ramadhan. 2012. https://ramadhanzian. wordpress.com/2012/12/01/pengertian-coreldraw-x5/. (14 April 2018). Pkl. 09.18 WIB

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles