Main Article Content

Alfha Farrel Budiantara
Cahyani Budihartanti

Abstract

Teknik Data mining banyak digunakan untuk mengatasi banyak permasalahan, salah satunya metode algoritma apriori yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang asosiasi antar produk dengan memanfaatkan database transaksi yang diolah akan menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuat antar itemset, sehingga dapat memberi rekomendasi penyetokan barang serta mempermudah dalam penempatan itemset yang saling ketergantungan. PT. Mastersystem Infotama adalah perusahaan yang bergerak di bidang ICT (Information, Communication, Technology). Dalam melakukan aktivitas bisnis perusahaan tidak mengetahui pasangan perangkat jaringan yang sering dibeli secara bersamaan. Saat stok perangkat jaringan yang jumlahnya tinggal sedikit, perusahaan hanya meminta kiriman stok perangkat jaringan tersebut tanpa mengetahui itemset perangkat jaringan yang dibeli secara bersamaan. Hal itu mempersulit penyetokan barang karena banyaknya jenis dari perangkat jaringan. Dengan algoritma apriori diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menentukan persediaan itemset yang saling ketergantungan sehingga dari penentuan stock yang tepat akan mempermudah mengatur manajemen inventory pada perangkat jaringan.

 

Kata Kunci:  Data Mining, Algoritma Apriori, Persediaan Perangkat Jaringan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Badrul, M. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 121–129.
Harsanto, B. (2013). Dasar Ilmu Manajemen Operasi. UNPAD PRESS.
Kurniawati, L., Kusuma, A. E., & Dewansyah, B. (2019). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Persediaan Spare Part Compressor. CESS: Journal of Computer Engineering Systrem and Science, 4(1), 6–10. https://doi.org/10.24114/cess.v4i1.11303
Kusrini, & Taufiq Luthfi, E. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data : An Introduction to Data Mining. John Willey & Sons, Inc.
Madcoms. (2018). Mengoptimalkan Microsoft Excel Untuk Analisis Data. 1st Published.
Prof. Dr. Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: Alfabeta.
Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 2(2), 31–39.
Sitorus, D. O. (2016). Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Mining Untuk Penjualan Tiket Bus ( Studi Kasus Pt . Antar Lintas Sumatera ). Jurnal INFOTEK, 1(2), 40–42

Author Biographies

Alfha Farrel Budiantara, STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Program Studi Sistem Informasi

Cahyani Budihartanti, STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Program Studi Sistem Informasi