Main Article Content

M. Hafrizal Kurniawan
Siswanto Siswanto
Sutarti Sutarti

Abstract

Tingginya angka tindak kriminal terhadap pencurian kendaraan bermotor. Tidak hanya di tempat sepi saja, di tengah keramaian para pencuri dapat melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor dengan mudahnya. Dari permasalahan tersebut solusi untuk mengamankan kendaraan sepeda motor dari tindakan pencurian dengan menambahkan sistem keamanan. Sistem minimum ATmega 328 dengan akses kontrol menggunakan sensor sidik jari fingerprint ZFM60 V1.2 serta menambahkan module SIM800L V2.0  sebagai notifikasi panggilan telepon. Kesimpulan Implementasi rancang bangun sistem keamanan sepeda motor dengan fingerprint dan notifikasi  panggilan telepon berbasis ATmega328, Dengan memanfaatkan telepon selular apabila kondisi kendaraan sepeda motor dinyalakan selain pemilik kendaraan atau pengguna, dengan sidik jari yang belum terdaftar, maka sistem keamanan akan mengaktifkan buzzer dan notifikasi dengan menghubungi (menelepon) pemilik kendaraan. melalui verifikasi sidik jari terdaftar dapat bekerja mengedalikan proses  menyalakan mesin sepeda motor baik dengan starter depan ataupun engkol samping. Dari pengujian yang dilakukan menyatakan bahwa jari yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin motor dengan sempurna pada kondisi sidik jari yang kering, sedangkan jari dengan kondisi basah dan berdebu rata-rata tidak bisa menyalakan mesin motor.

 

Kata Kunci: ATMega 328, fingerprint, keamanan, notifikasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Afandi, M. Y., Goerinto, A. dan Yatim, R. (2017).“Minimum System Berbasis mikrokontroler ATmega32 Berbantuan Sensor Passive Infrared Reciver (PIR) dan Fingerprint untuk System Pengamanan Kendaraan Bermotor Roda Empat atau Lebih”.
Andrianto, H. dan Darmawan, A., (2017). Belajar Cepat Dan Pemrograman Bandung: Informatika Bandung.
Istiyanto, J. E., (2014). Pengantar Elektronika dan Instrumentasi Pendekatan Projek Arduino Dan Android. Edisi.I. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Juwariyah, T. dan Dewi, A. C. (2017). “Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan Sensor Sidik Jari”. Jurnal Program Studi Teknik Industri, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Vol.13 No. (2). 223-227.
Oroh, J. R. (2014). “Rancang Bangun Sistem Keamanan Motor dengan Pengenalan Sidik Jari”.
Pratama,R. N., Rahman, A. dan Widiyanto, E. P. (2016). “Rancang Bangun Starter Motor Menggunakan Fingerprint Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno”.
Tanjung, A. (2015). “Sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan Fingerprint menggunakan Arduino Pro Mini”.
Wicakson o, M. F. dan Hidayat (2017). Mudah Belajar Mikrokontroler Arduino. Bandung: Informatika Bandung.

Author Biographies

M. Hafrizal Kurniawan, Universitas Serang Raya

Prgram Studi Rekayasa Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi

Siswanto Siswanto, Universitas Serang Raya

Prgram Studi Rekayasa Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi

Sutarti Sutarti, Universitas Serang Raya

Prgram Studi Rekayasa Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi