Main Article Content

Agus Irawan
Ayu Purnama Sari

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang pesat, bahkan di instansi sekolah pun sudah memanfaatkan teknologi khususnya teknologi informasi. SMK YPP Pandeglang sudah menerapkan teknologi untuk melakukan manajemen file yaitu menggunakan file sharing di windows, sistem tersebut kurang efektif karena sering terjadi kerusakan data akibat file terkena virus dan hardware crash. Dengan teknologi yang ada saat ini mampu menghadirkan sebuah teknologi penyimpanan komputasi awan yang dikenal dengan cloud storage. Cloud storage sebagai model komputasi awan yang memberikan layanan untuk manajemen berkas berdasarkan user di dalam jaringan komputer. Nextcloud merupakan salah satu aplikasi cloud server yang sangat cocok untuk menjalankan layanan cloud storage. Nextcloud dapat melakukan sharing file ke sesama pengguna dan sharing melalui sebuah link melalui web. Untuk menjalankan cloud storage, user dapat mengakses alamat server dengan perantara web browser. Cloud storage menggunakan Nextcloud ini dikonfigurasi pada router menggunakan IP Public dari provider IndiHome sehingga server storage dapat diakses di jaringan public seperti internet.

 

Kata Kunci : Cloud Storage, File Sharing, Nextcloud.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Dedy Setyo Afrianto (2017). “The Power of Owncloud Membangun dan Mengelola Sendiri Teknologi Cloud Di Lingkungan Anda” Yogyakarta: ANDI.
Download ID. (2018). Universall USB Installer 1.9.8.3. [Online]. https://download.id/universall-usb-installer.html. [2 Agustus 2018].
Komputer, W. (2011). “Kupas Tuntas Bermacam Aplikasi Generasi Cloud Computing” Yogyakarta: ANDI.
Kurniawan, Hanafi, Bulan, Firmansyah, 2016. Desain Dan Implementasi Cloud Storage Berbasis Web Pada Rt/Rw Net Maju Jaya. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 6-7 Februari 2016 ISSN 2302-3805. STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Lumena, Anton, Nainggolan, 2016. Analisa Dan Perancangan Jaringan Private Cloud Computing Berbasis Web Eyeos. Jurnal Techno Nusa Mandiri Vol. XIII, No. 1 Maret 2016 ISSN 1978-2136. Universitas Negeri Semarang.
Nugraha, Mogi, Setiawan, 2015. Implementasi Private Cloud Computing Sebagai Layanan IaaS Menggunakan Openstack. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Vol. 8, No. 2, September 2015 ISSN 1979-5661. Universitas Udayana.
Onno W. Purbo (2012). “Membuat Sendiri Cloud Computing Server Menggunakan Open Source” Yogyakarta: ANDI.
Populer, K. (2015). Pengertian Linux, Kelebihan Linux, Dan Contoh Linux. [Online]. http://www.mandalamaya.com/pengertian-linux-kelebihan-linux-dan-contoh-linux/ [28 Juli 2018].
Pratama, I P. A. E. (2014). “Smart City Beserta Cloud Computing Dan Teknologi-Teknologi Pendukung” Bandung: Informatika.
Ramadhan, Andrian, Siradj, 2015. Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Family Box (Fambox) Menggunakan Cloud Storage. E-Proceeding of Applied Science : Vol.1, No.2 Agustus 2015 ISSN 2442-5826. Telkom University.
Spoorthy, Mamatha, Kumar, 2014. A Survey on Data Storage and Security in Cloud Computing. IJCSMS, Vol. 3, Issue. 6, June 2014 ISSN 2320-088X. A Monthly Journal of Computer Science and Information Technology
Tutang. (2014). “Sistem Operasi Cloud Computing Dengan Windows Azure” Yogyakarta: ANDI.

Author Biographies

Agus Irawan, Universitas Serang Raya

Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi

Ayu Purnama Sari, Universitas Serang Raya

Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi