Main Article Content

Ahmad Fatoni
Dhany Dwi

Abstract

Semakin meningkatnya kepuasaan pelanggan, maka keinginan perusahaan untuk memberikan yang terbaik pun akan terus meningkat. Hal tersebut akan membuat sistem informasi dalam perusahaan harus terus dikembangkan setiap saat. Banyak sekali metodologi pengembangan sistem yang dapat digunakan. Salah satunya adalah Extreme Programming. Extreme Programming merupakan salah satu model proses dari Agile Software Development yang merupakan salah satu metodologi dalam pengembangan sistem berbasis Software Development Life Cycle (SDLC). Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan informasi dasar mengenai konsep Extreme Programming, kelemahan dan kekurangan maupun penerapannya dalam dunia nyata. Metodologi penulisan paper yang digunakan adalah dengan mencari teori-teori yang mendukung yang diperoleh dari Metode Studi Kepustakaan (Library Research) dan Studi Web Browser (Web Research). Hasil yang dicapai adalah dengan adanya informasi mengenai Extreme Programming maka diharapkan tim developer dapat menentukan metodologi yang benar karena sudah mengetahui informasi dan kondisi seperti apa saat menerapkan Extreme Programming. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penulisan ini adalah metodologi pengembangan sistem tidak hanya satu. Dan sebelum mengembangkan perangkat lunak, tim harus mempertimbangkan semua metodologi yang ada agar tidak terjadinya resiko kegagalan. Extreme Programming hanyalah satu dari sekian banyak metodologi yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Chan, Syahrial. 2010. Membuat Aplikasi Client/Server dan Web dengan PowerBuilder 11.5. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
[2] Indrawan, Andri. 2008. ERD (Entitas Relationship Diagram). [Online]. Tersedia :http://developdottxt. wordpress.com/2008/04/03/erd-entitas-relationship -diagram/. [01 Februari 2014].
[3] Jeb, Resthoe. 2012. Pengertian Kerja. [Online]. Tersedia:http://resthoe.blogspot.com/2012/12/pe ngertian-kerja.html. [23 Januari 2014].
[4] Jeffrey L. Whitten & Lonnie D. Bentley. 2004. System Analysis and Design Methods, 7th Edition. New York : The McGraw-Hill Companies.
[5] Jerry FitzGerald, Ardra F.FitzGerald & Warren D. Stallings, Jr. 1981. Fundamentals of System Analysis, 2nd Edition. New York : John Willey & Sons.
[6] Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering. Singapore : The McGraw-Hill Companies.
[7] Robert J., Verzello & John Reuter III. 1982. International Student Edition. Tokyo : The McGraw-Hill Companies.
[8] Iqbal, N., M.U. Hassan, A.R. Osman, M. Ahmad. 2013. A framework for partial implementation of PSP in Extreme programming. International Journal of Engineering Research and Applications. 3(2): 604-60