Inovasi Produk Cinderamata Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun Kabupaten Cirebon

  • Nurul Chamidah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Gunawan Institute Teknologi Bandung
  • Daduk Merdika Mansur Grow Up Institute
Abstract views: 90 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 71

Abstract

Cinderamata menjadi satu hal wajib dalam berwisata dan menjadi upaya pemberdayaan masyarakat dengan mengedepankan produk lokal masyarakat sekitar. Cinderamata juga dapat bernilai sebagai sarana edukasi, promosi daerah hingga muatan ekonomi. Pentingnya cinderamata ini membutuhkan inovasi yang tepat. Penelitian ini menjelaskan inovasi cinderamata dilakukan PT. Telkom Indonesia di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun Cirebon yang menekankan pada sisi nilai edukasi, handable, kekhasan dan nilai ekonomis produk. Inovasi yang diberikan berupa inovasi produk berupa pembuatan produk baru yang sesuai dengan segmentasi wisatawan dengan tetap mengedepankan kualitas, harga dan kemudahaan dibawa pulang; inovasi teknik diberikan dalam bentuk pelatihan penggunaan teknik cor yang membuat produk gerabah menjadi produk semi industri dengan kesamaan ukuran namun tetap memberikan kekhasan lokal; dan inovasi kemasan yang bertujuan memberikan perlindungan produk cinderamata dengan dasar keramahan lingkungan serta memberi nilai edukasi produk daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chamidah, N., Erawati. D., Nurhawaeny, E. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Kerajinan Gerabah Sitiwinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Komunikasi, Religi Dan Budaya.
Chamidah, N. 2021. Komunikasi Aktor Pembangunan Dalam Pengembangan Desa Wisata Sitiwinangun Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. [Disertasi]. Yogyakarta (ID) Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
Dewi, D. A. N. (2019). Pemanfaatan Limbah Kayu Untuk Kemasan Cenderamata Khas Kalimantan Timur. Jurnal Kreatif, 6(2), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.46964/jkdpia.v6i2.18
Harahap, R. W. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Wisata Tomok Khususnya Produk Souvenir Terhadap Kepuasan Wisatawan dan Minat Berkunjung Kembali [Universitas HKBP Nommensen]. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5353
Ismayana, Chamidah, N. 2017. (2017). The Protection Of Intellectual Property Rights On Local-Wisdom Based Crafts In A Tourism Village In Cirebon, West Java, Indonesia. 2nd International Conference on Social and Political Development (ICOSOP 2017).
Ismayana, S., & Hayati, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Pixy. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 10(2), 12.
Kementrian Pariwisata. (2016). Laporan Akuntabilitas Kinerja. Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.
Maryani, E. 2018, Problem Revolusi Digital dalam Masyarakat Multikultur, materi seminar nasional multikultural di era digital, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Natadiningrat, A. (2016). Sitiwinangun Diresmikan Sebagai Desa Wisata Gerabah.
Rinawati, N. (2007). Prospek Pengembangan Industri Cinderamata dan Makanan oleh-oleh di Kabupaten Magelang. Universitas Diponegoro Semarang.
Yoeti, O. A. (2010). Dasar-dasar Pengertian Hospitalyti Pariwisata. PT. Alumni.

PlumX Metrics

Published
2023-09-04
Section
Articles