Pemanfaatan Pekarangan Rumah Untuk Penanaman Apotek Hidup Sebagai Penyedia Obat Obatan Herbal

  • Aisar Novita Novita Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Adinda Nursabilla Purba Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hilda Julia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Abstract views: 285 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 282
Keywords: Apotek Hidup, Obat-Obatan Herbal

Abstract

Pada umumnya, setiap rumah memiliki pekarangan, khususnya rumah yang berada di Desa Huta Durian, Kecamatan Bintang Bayu, Kabupaten Serdang Bedagai. Pekarangan rumah dapata dimanfaatkan sebagai apotek hidup terutama sebagai penyedia tanaman obat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan pekarangan rumah untuk penanaman apotek hidup sebagai penyedia obat-obatan herbal. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah terjun langsung ke lapangan berbaur dengan masyarakat. Pengabdian masyarakat ini. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa pembuatan apotek hidup, kegiatan pembagian BLT di Desa Huta Durian, gotong royong bersama masyarakat Desa Huta Durian dan sosialisai ODF yang bekerjasama dengan Tim verifikasi dari Puskesmas Bintang Bayu sehingga masyarakat menetahi manfaat dan pentingnya keberadaan Water Closet (WC) yang layak di dalam rumah. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini membuat masyarakat, di Desa Huta Durian mengetahui manfaat apotek hidup dan termotivasi untuk membuat sendiri di pekarangan rumah masing-masing. Selain itu, terjalinnya hubungan yang lebih erat dan baik antar sesama masyarakat di Desa Huta Durian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agil, M., T.S. Wahyuni., H. Studiawan., dan Rakhmawati. 2018. Optimalisasi Pemanfaatan Herbal Untuk Kesehatan Masyarakat Desa Wajik Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. JUNRla Pengabdian Kepada Masyarakat (JKPM). Vol. 24, No. 4, hal. 883-889.

Bajpai, S., A.A. Sharma, and V.K.Kanungo. 2013. Traditional Home Gardens: A Preserve of Medical Plants. International Journal of Herbal Medicine. Vol 1, Issue. 2, pp. 152-161.

Diwanti, D.P., 2018. Pemanfaatan Pertanian Rumah Tangga (Pekarangan Rumah) Dengan Teknik Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur. MARTABE. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1, No.3. ISSN: 2598-1226. Hal. 101 – 107.

Green, E., A. Samie., C.L. Oni., P.O. Bessong, and R. N. Ndip. Inhibitory Properties of Selected South African Medical Plants Against Microbacterium tuberculosis. Journal of Ethnopharmacology, 2010; 130: 151 - 157.

Hidayatulloh.A.D., Mahandika., Yuniantoro., dan M. Mudzaki. 2018. Pembudidayaan Tanaman Apotek Hidup Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan vol 2.no 2.

Majid.M,Sukma,dan Ramlan. 2019. Peran Kader Dalam Pemanfaatan Apotek Hidup Di Desa Karang Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang .Jurnal Bumi Dan Manusia. Vol.2 No.2.

Suhendro, P dan P.N. Sagala. 2013. Penyuluhan Budidaya Lidah Buaya Sebagai Bahan Baku Alternatif Dodol Bengkel Serdang Bedagai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 19, No. 73 Tahun XIX. 2013.

Zainuddin, A., T. Mayanti., dan J. Al Anshori. 2018. Pengenalan Apotek Hidup Dan Media Penanaman Hidroponik Kepada Ibu-Ibu PKK Di Desa Sayang Kecamatan Jatinagor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2, No. 6.

PlumX Metrics

Published
2023-01-04
Section
Articles