Gerakan Donasi 3.000 Masker Kain Dan Edukasi Penggunaan Masker Kain Dalam Upaya Menekan Penyebaran Covid-19

  • Vidila Rosalina Fakultas Teknologi, Universitas Serang Raya
Abstract views: 480 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 557

Abstract

Pada bulan April 2020, hampir semua daerah di Indonesia memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi COVID-19. Meski ada pembatasan mobilitas, bukan berarti semua orang bisa mengabaikan protokol kesehatan begitu saja. Masker menjadi benda yang wajib dikenakan oleh siapa pun saat beraktivitas di luar rumah. Meski produksi masker meningkat, tak sedikit warga Indonesia yang masih kesulitan memperolehnya. Berangkat dari permasalahan ini, maka kegiatan pengabdian ini yaitu edukasi penggunaan masker kain yang efektif dan mendonasikan 3.000 masker kain untuk membantu penyediaan masker bagi sebagian warga kabupaten Malang dan kabupaten Serang yang kurang mampu. Pada tahap pertama, Dosen Fakultas Teknologi Universitas Serang Raya bekerjasama dengan alumni SMKN 3 Malang jurusan tata busana membuat 3.000 masker kain untuk membantu penyediaan masker kain bagi masyarakat.  Inisiatif kegiatan pegabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya penggunaan masker kain yang efektif dalam menekan penyebaran virus COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rosalina, Vidila, dkk. (2015). E-Pedagogis Bagi Tutor Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Prosiding PKM-CSR 2015, Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat – Corporate Social Responsibility, 22-23 Oktober 2015.
Rosalina, Vidila, dkk. (2017). Sosialisasi Manfaat E-CRM dalam Upaya Meningkatkan Retensi Pelanggan UMKM Cilegon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wikrama Parahita Vol 1 No 1, November 2017.
Rosalina, Vidila, dkk. (2019). Gerakan Donasi Buku Dalam Upaya Membangun Budaya Literasi Tahap 1. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMBADHA) PKN- STAN 2019.
Rosalina, Vidila, dkk. (2019). Pengenalan Aplikasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Desa Harjatani. Jurnal KUAT: Keuangan Umum Dan Asuransi Terapan Vol 1 No 2.
Rosalina, Vidila, dkk. (2019). Pengenalan Perangkat Lunak E-CRM UMKM Untuk Peningkatan Loyalitas Pelanggan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Kelapa Kurung. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Vol 19 No 2.
Rosalina, Vidila, dkk, (2020). Gerakan Donasi Buku Dalam Upaya Membangun Budaya Literasi Tahap 2. BANTENESE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2 No 2.
Sari, Fitri Rahayu. (2020). Efektifitas Penggunaan Masker Kain Dalam Mencegah Covid-19. Primaya Hospital. https://primayahospital.com/paru/masker-kain-corona/
CDC. (2020). Use Masks to Slow the Spread of COVID-19. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/diy-cloth-face-coverings.html
WHO. (2020). Corona virus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks. . https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks
WHO. (2020). Advice on the use of masks in the context of COVID-19. https://apps.who.int/iris/rest/bitstreams/1274280/retrieve

PlumX Metrics

Published
2021-01-28
Section
Articles