Inovasi Dan Peningkatan Nilai Jual Produk Hasil Umkm Melalui Pelatihan Pembuatan Bolu Kukus Berkarakter

  • Santi Riana Dewi Universitas Serang Raya
  • Maulida Agustin
  • Farhan April Nurcahyo
Abstract views: 907 , PDF downloads: 1260

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh dosen bersama dengan mahasiswa. Pengabdian ini dilaksanakan di Desa Susukan Kecamatan Tirtayasa. Tujuan dari pengabdian adalah meningkatkan ketrampilan dan kesejahteraan masyarakat dengan membuat produk-produk inovatif hasil UMKM. Adanya inovasi dari produk-produk tersebut diharapkan mampu memberikan nilai jual lebih, sehingga dapat meningkatkan keuntungan yang diperoleh para pelaku usaha. Selama ini produk bolu kukus yang banyak dijual kurang variatif, sehingga diperlukan adanya inovasi agar berkembang. Pembuatan bolu kukus berkarakter yang diberi merek Rainbow Cake, tidak memerlukan penambahan biaya produksi yang besar, tetapi diperlukan kreatifitas kemampuan untuk menggambar di atas bolu. Dengan memberikan pelatihan pembuatan bolu kukus berkarakter diharapkan selain mengasah ketrampilan para pelaku usaha dalam berkreatif dengan seni menggambar di atas bolu, tetapi juga akan meningkatkan penghasilan. Pada pelatihan diberikan juga cara-cara pengemasan dan labeling produk agar lebih bersih dan menarik. Selain itu bolu kukus berkarakter diharapkan mampu memperluas segmen pasar, sehingga dapat dijadikan produk favorit untuk semua kalangan masyarakat. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat selain memberikan tantangan kepada para dosen dan mahasiswa agar lebih kreatif dan inovatif, juga akan meningkatkan kualitasĀ  dan keberalangsungan produk yang dihasilkan pada waktu yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita, Raharjo. (2006). Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dewi, Vera Pratidina Candra. (2016). Analisis Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pastry Bakery Sebagai Upaya Kemandirian Warga Belajar Di Lembaga Pendidikan Perempuan (LPP) Mandiri Kota Gorontalo.Jurnal Mahasiswa Unesa, 2(2): 1-8.

Keuangan, Kementrian. (2012). Kebijakan antisipasi Krisis Tahun 2012 Melalui Program Kridit Usaha Rakyat. Kementrian Keuangan.

Mangkunegara. (2009). Perilaku Dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.

Mangunsong, Lamria. (2016). Penganekaragaman Produk olahan Pisang Di Desa Peniti Luar Kabupaten Menpawah Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Pangan, 7(2): 62-67.

Walker, James W. (2009). Human Resources Strategy. New York, USA: McGraw Hill.Inc.

Zainun, Buchari. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Manajemen Personalia. Tangerang: CV Sekar Jaya.

PlumX Metrics

Published
2019-01-27
Section
Articles