Pengaruh Beban Pajak Tangguhan,Perencanaan Pajak dan Kompensasi Bonus Terhadap Manajemen Laba

  • Puji Lestari Dewi UNIVERSITAS SERANG RAYA
  • Kodriyah Universitas Serang Raya
  • Entis Haryadi Universitas Serang Raya
Abstract views: 484 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1300

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, dan Kompensasi Bonus terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak dan Kompensasi Bonus sebagai variabel indpenden dan Manajemen Laba sebagai variabel dependen.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 69 perusahaan dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik mengumpulkan data. Jumlah sampel yang dikumpulkan adalah 36 sampel yang terdiri dari 9 perusahaan manufaktur sebagai sampel penelitian ini selama 4 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Data pada penelitian ini diolah dengan menggunakan program SPSS versi 23.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Beban Pajak Tangguhan, dan Kompensasi Bonus tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan Perencanaan Pajak berpengaruh secara signifikan terhadap Manajemen Laba.

 

Kata Kunci :    Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, Kompensasi Bonus, Manajemen Laba

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Puji Lestari Dewi, UNIVERSITAS SERANG RAYA
Be yourself

References

A.A Gede Raka Plasa Negara, I.D.G Dharma Saputra 2017. Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba : Kajian Empiris di Perusahaan – Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Vol. 20. 3 September 2017. Bali : Universitas Udayana.

Andiany Indra Pujiningsih 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Praktik Corporate Governance dan Kompensasi Bonus terhadap Manajemen Laba : Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Anjar Putri Utami, Abdul Malik. 2015. Pengaruh Discretionary Accrual, Beban Pajak Tangguhan dan Beban Pajak Kini terhadap Manajemen Laba (pada Perusahaan Manufaktur Bidang Makanan dan Minuman Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013). Jurnal Akuntansi. Vol 1 No.2. Januari 2015.

Arief Febrianto 2014. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Struktur Kepemilikan terhadap Manajemen Laba : Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Jurnal TEKUN/Volume V, No. 02, September 2014. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi DR Moechtar Talib.

Budi Setiawan, Harnovinsah. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Profitabilitas, dan Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba (pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdapat di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014 ). Skripsi. Universitas Pamulang dan Universitas Mercubuana.

Christina Ranty Sumomba, YB Sigit Hutomo 2012. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba. KINERJA Volume 16, No 2, Tahun 2012 Hal. 103-115. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Dian Agustia. 2013. Pengaruh Faktor Good Corporate Governance, Free Cash Flow, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No. 1, Mei 2013. Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga Surabaya.

Dwi Manzilah. 2016. Pengaruh Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba dengan Arus Kas Operasional sebagai Variabel Kontrol (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015). Skripsi. Universitas Serang Raya.

Eko Suyono. 2017. Berbagai Model Pengukuran Earning Management : Mana yang Paling Akurat. Sustainable Competitive Advantage-7. Purwokerto. Universitas Jenderal Soedirman. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Fatimatu Cahya Ningsih 2017. Pengaruh Aset Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan, dan Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ferry Aditama, Anna Purwaningsih. 2014. Pengaruh Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba (pada Perusahaan Nonmanufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Modus Vol 26. 1. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Felicia Amanda, Meiriska Febrianti 2015. Analisis Pengaruh Beban Pajak Kini, Beban Pajak Tangguhan, dan Basis Akrual Terhadap Manajemen Laba. Ultima Accounting Vol 7. No.1. juni 2015. Universitas Multimedia Nusantara.

Ghafara Mawardi Mazini Tundjung. 2015. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba (pada Perusahaan – Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Semarang. Universitas Diponegoro.

http://m.koran-jakarta.com/

Kresnanda Rahmanto. 2015. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Leverage Terhadap Manajemen Laba Melalui Manipulasi Riil : Studi Empiris Perusahaan Manufaktur 2010-2016. Jurnal Mahasiswa Unesa. Universitas Negeri Surabaya.

Krisnata Dwi Suyanto, Suparmono. 2012. Likuiditas, Leverage, Komesaris Independen, dan Manajemen Laba terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Universitas Kristen Satya Wacana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Nurhayati. 2017. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba : Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Skripsi. Bandung. Universitas Pasundan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Prof. Dr. H. Imam Ghozali, M.Com, Akt. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Radiah Dewi. 2016. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Food and Everage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Medan. Universitas Medan Area, Fakultas Ekonomi.

Rendi Randika. 2012. Pengaruh Kompensasi Bonus, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Praktik Manajemen Laba (pada Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Riau, Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Satria Nugroho. 2015. Pengaruh Kompensasi, Kepemilikan Manajerial, diversifikasi Perusahaan dan Ukuran KAP terhadap Manajemen Laba (pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Skripsi. Semarang. Universitas Diponegoro.

Veronika Abdi Wijaya, Yulius Jogi Christiawan. 2014 Pengaruh Kompensasi Bonus, Leverage, dan Pajak terhadap Earning Management (pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013). Tax & Accounting Review, Vol 4, No.1, 2014.

Vicky Ferdiansyah, 2014. Pengaruh Kualitas Audit, Kompensasi Bonus, Struktur Kpemelikan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba. Jurnal Tekun / Volume V, No. 02, September 2014: 230-249

www.idx.co.id

PlumX Metrics

Published
2023-05-08
Section
Articles