Pengaruh Earning After Tax, Corporate Tax Rate dan Non Debt Tax Shield terhadap Struktur Modal

  • ARIS RIADI Universitas Serang Raya
  • Denny Putri Hapsari Universitas Serang Raya
  • Dien Sefty Framitha Universitas Serang Raya
Abstract views: 159 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Earning After Tax, Corporate Tax Rate dan Non Debt Tax Shield terhadap struktur modal perusahaan manufaktur pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017.

            Penelitian ini menggunakan data sekunder pada laporan keuangan atau laporan tahunan yang telah dipublikasikan oleh perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017. Dengan menggunakan metode purposive sampling, di dapat total sampel keseluruhan dalam penelitian ini adalah 36 data dari 6 perusahaan. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda.

            Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif antara Earning After Tax dan struktur modal, 2) terdapat pengaruh positif antara Corporate Tax Rate dan struktur modal, 3) tidak terdapat pengaruh antara Non Debt Tax Shield dan struktur modal.

Kata Kunci : Earning After Tax, Corporate Tax Rate, Non Debt Tax Shield dan Struktur Modal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arli, Warzuqni Fadhli. 2010.”Faktor-Faktor Yang Mampengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEI Tahun 2005-2007.Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Brigham, E. F., dan Houston, J. F. 2013. “Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Essential of Financial Management)”. Edisi ke sebelas. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.

Bhattacharjee, Bidyut, Jyoti. 2011. Capital Structure Decision: An Emprical Investigation In Indian Information Technology Sector. Jurnal Of Business Management Studies. Vol 6 (2): Hal.18-24.

Christina. 2013. “Analisis Pengaruh Tax Shield dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal”. Program Studi Akuntasi STIE, Widya Darma Pontianak.

Dewi, Ni Kadek Tika Sukma. 2017. “Pengaruh Growth Opportunity, Likuiditas, Non Debt Tax Shield dan Fixed Asset terhadap Struktur Modal”. Jurnal Manajemen, Bali.

Fahmi, Irham. 2015. “Manajemen Investasi”. Jakarta: Salemba Empat.

Farah, Margaretha dan Aditya Rizky Ramadhan. 2010.“Faktor-faktor yang Memengaruhi Struktur Modal pada Industri Manufaktur di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol 12 no 2.

Ge, Carolline. 2013. “Pengaruh Faktor Pajak Terhadap Kebijakan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur” Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Ghozali, Imam 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8)”. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanapi, Mamduh. (2004). “Manajemen Keuangan”, BPFE, Yogyakarta

Hasbullah, Abdul Malik Rizal. 2013. “Pengaruh Profitabilita, Likuiditas dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom.

Hastalona, Dina. 2013. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang” Dosen Kopertis Wilayah I DPK STIE Al Hikmah Medan.

Homaifar, Zeith dan Benkato. 1994. “An Empirical Model of Capital Structure: Some New Evidence”. JBFA: 1-14.

Lestari, Desi. 2014. “Pengaruh Blackholder, Ownership, Ukuran Perusahaan, Resiko Bisnis dan Non Debt Tax Shield Terhadap Kebijakan Hutang”. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Maftukhah, Ida. 2013. “Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Kinerja Keuangan Sebagai Penentu Struktur Modal Perusahaan”. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol 4: 70-79.

Mardiasmo. 2009. “Perpajakan Edisi Revisi”. Yogyakarta: Andi

Margaretha, Farah. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan BUMN di Indonesia”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Trisakti.

Manoon, Maryam., dan Abiha, Saeed. 2014. Capital Structure Determinant Of Kse Listed Automobile Companies. European Scientific Journal. Vol 10 (13): Hal.451-461.

Miller, R.I., dan R.E. Meiners. 1997. “Teori Ekonomi Mikro Intermediate”. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Miraza, Natasha Chairanisa. 2017. “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Variabilitas Pendapatan, Corporate Tax Rate, dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi. vol.2 No.3 Hal.73-85

Munawir., 2004. “Analisa Laporan Keuangan”. Edisi Keempat, Cetakan Ketiga Belas, Yigyakarta: Liberty

Purnamasari, Yenni. 2009. “Pajak Penghasilan dan Keputusan Pendanaan”. Jurnal Akuntansi Kontemporer, Vol 1 No.1, Surabaya.

Ramlall, Indranarain. 2009. “Determinants of Capital Structure Among Non-Quoted Mauritian Firms Under Specificity of Leverage: Looking For A Modified Pecking Order Theory”. International Research Journal of Finance and Economics, Vol. 31 hlm. 83-92.

Riyanto, B. 2011. “Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Sari, Mila Diana dan Djumahir. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aset, Non Debt Tax Shield dan Usia Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Pada Perusahaan Makanan dan Minuman di BEI)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Sheikh, N.A. dan Wang, Z. (2011). “Determinants of Capital Structure: An Empirical Study of Firms in Manufacturing Industry of Pakistan. Managerial Fanance, Vol.37 Iss 2, Hal. 117-133.

Sugiyono.2017. “Metode Penelitian Kuantitatif”. Alfabet: Bandung

Sumarsan, Thomas. 2010. Perpajakan Indonesia”. Indeks, Jakarta

Sunarsih. 2004. ”Analisis Simultanitas Kebijakan Hutang dan Kebijakan Maturitas Hutang serta Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya”.Jurnal Siasat Bisnis No.9, Vol 1, Hal 65-84.

Tsuraya, Afifah dan Nur Diana. “Pengaruh Faktor Pajak dan Non Pajak Terhadap Kebijakan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur” Jurnal Ekonomi dan Bisnis: Universitas Islam Malang.

Waluyo, 2011. “Perpajakan Indonesia”. Salemba Empat, Jakarta

Yap, Steven. 2016. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Rasio Keuangan, Corporate Tax Rate dan Non Debt Tax Shield” Jakarta: STIE Trisakti.

PlumX Metrics

Published
2023-09-30
Section
Articles