FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH MAKAN PECAK BANDENG SAWAH LUHUR

  • Martina Rahmawati Masitoh Universitas Serang Raya
  • Khairul Ikhsan Universitas Serang Raya
  • Ade Sahrani
Abstract views: 534 , PDF downloads: 2570

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan karena jika pelanggan puas, maka diharapkan pelanggan membeli lagi produk yang ditawarkan oleh pemasar. Kepuasan pelanggan juga menjadi hal yang penting di tengah kompetisi yang ada. Perusahaan berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan penting untuk diteliti, maka penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Pecak Bandeng Sawah Luhur.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei, dengan jumlah sampel sebesar 130 orang yang merupakan pelanggan Rumah Makan Pecak Bandeng Sawah Luhur. Pengumpulan data menggunakan non probability sampling dengan teknik pendekatan convinienche sampling. Data dikumpulkan dengan angket, dan dianalisis dengan SPSS versi 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (3) kulitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-07-07