PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) PROVINSI BANTEN

  • Didi Wandi STIE Banten
  • Suhroji Adha STIE Banten
  • Iyah Asriyah
Abstract views: 6768 , PDF downloads: 19124

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil tempat penelitian  di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada para pegawai. Sampel yang digunakan berjumlah 83 responden pegawai BPBD Provinsi Banten baik yang berstatus PNS, Non-PNS dan SATGAS. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai BPBD Provinsi Banten dengan nilai t hitung sebesar 8,721 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.  Sedangkan koefisien determinasi (R2) yang didapat sebesar 0,481 yang artinya sebesar 48,1% variabel kinerja dapat dijelaskan oleh variabel komunikasi sisanya dijelaskan oleh variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisty H. S. 2013. Hubungan Antara Persepsi Karyawan terhadap gaya kepemimpinan partisipatif Atasan Dengan Kinerja Karyawan Di RS Muji Rahayu Surabaya. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi. Vol. 02(1).

Ardiansyah, Dimas Okta. 2016. Pengaruh Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja (Studi Pada Bagian Produksi Pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung). Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 3(1). hh 16-30.

Arshad, Zubair dan Gondal, Muhammad Yasir. 2013. Impact of Working Capital Management on Profitability A Case of The Pakistan Cement Industry. Research Journal of Business. Vol.5(2).

Dharma, Agus. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rosdakarya.

Effendy, Onong Uhcjana. 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. 2007. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Empat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harbani, Pasolong. 2013. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Hendriani, Susi & Hariyandi, Fitri. 2014. Pengaruh Motivasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Sekretariat Daerah Propinsi Riau. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 4(2), hh 124-156.

Jansen H. Sinamo. 2005. 8 Etos Kerja Profesional: Navigator Anda Menuju Sukses. Jakarta: Institut Dharma Mahardika.

Mangkuenegara, A. P. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Marwansyah. 2010. Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta.

Profil Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten Tahun 2016

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sekaran, Uma & Bougie, Roger. 2010. Research Method for Business A Skill Building Approach (5th Edition). United Kingdom: John Wilet & Sons, Ltd.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suharsono dan Dwiantara, Lukas. 2013. Komunikasi Bisnis: Peran Komunikasi Interpersonal dalam Aktivitas Bisnis. Yogyakarta: CAPS.

Srimiatun & Prihatinta, Triana. 2017. Pengaruh Komunikasi dan Konflik Terhadap Kinerja Karyawan Tenaga Kependidikan Politeknik Negeri Madiun. Epicheirisi. Vol. 1(1), hh 19-28.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Undangan-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

PlumX Metrics

Published
2019-07-23