Pengaruh Likuiditas, Fixed Assets Intensity, Market To Book Ratio, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Revaluasi Aset Tetap

  • Lulu Nailufaroh Universitas Serang Raya
Abstract views: 1199 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1068

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, fixed asset intensity, market to book ratio, dan ukuran perusahaan terhadap keputusan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap. Bersadasarkan PSAK 16, perusahaan di Indonesia boleh memilih antara model biaya atau model revaluasi sebagai kebijakan akuntansi pengukuran atas aset tetap. Penilaian kembali aset tetap juga diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 191/PMK.10/2015 tentang penilaian kembali aset tetap perusahaan untuk tujuan perpajakan.

Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai 2015 dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 perusahaan dalam satu tahun, sehingga total sampel selama periode penelitian sebanyak 222 sampel. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan regresi logistik.

Hasil penelitian secara parsial terbukti secara signifikan yang berpengaruh terhadap keputusan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap adalah market to book ratio dan ukuran perusahaan. Secara simultan hasil penelitian menggunakan empat variabel fit terbukti signifikan. Sedangkan yang tidak signifikan adalah likuiditas dan fixed asset intensity.

Temuan penelitian ini adalah market to book ratio berpengaruh signifikan negatif terhadap keputusan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap. Perusahaan manufaktur yang mempunyai rasio market to book ratio yang rendah maka manajemen akan memilih metode akuntansi untuk meningkatkan kompensasi yang mereka dapat (bonus plan hypothesis). Dengan melakukan revaluasi aset performa keuangan perusahaan akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andison, 2015. Fixed Asset Revaluation. Simposium Nasional Akuntansi XVIII, Medan.

Baridwan, Zaki. 2010. Intermediate Accounting. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Brigham, Eugene. F dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Brown, Philip, H.Y. Izan and Alfred L. Loh, 1992. Fixed Asset Revaluations and Managerial Incentives, Abacus, Vol. 28, No. 1.

Firmansyah, Egi dan Erly Sherlita. 2012. Pengaruh Negosiasi Debt Contracts Dan Political Cost Terhadap Perusahaan Untuk Melakukan Revaluasi Aset Tetap (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010. Seminar Nasional Akuntanasi dan Bisnis 2012. Bandung.

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, edisi 5. Semarang: Univeristas Diponegoro.

Gillespie, Andrew. As & A Level Business Study Through Diagrams. New York. Oxford University Press.

Hidayat, Teguh. 28 Oktober 2015. Revaluasi Aset dan Pengaruhnya pada Fundamental Perusahaan, (online), http://www.teguhhidayat.com/2015/10/revaluasi-aset-dan-pengaruhnya-pada.html. Diakses 26 Maret 2016

Ikatan Akuntan Indonesia, 2015. Standar Akuntansi Keuangan, Ikatan Akuntan Indonesia, Jakarta.

Kartikahadi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan SAK berdasarkan IFRS. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Khairati, Adzkya, dkk. 2012. Pengaruh Leverage, Firm Size dan Fixed Asset Intensity terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Revaluasi Aset Tetap. E-Journal Vol 6 No. 1. Universitas Bung Hatta, Padang.

Lin, Y. C dan K. V Peasnell, 2000a. Asset Revaluation and Current Cost Accounting: UK Corporate Disclosure Decision in 1983, British Accounting Review, 32.

Lin, Y. C dan K. V Peasnell, 2000b. Fixed Asset Revaluation and Equity Depletion in the UK, Jounal of Business Finance and Accounting, 27 (3) & (4), April/May.

Manihuruk, Tunggul Natalius dan Aria Farahmita. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Revaluasi Aset Tetap pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Saham Beberapa Negara ASEAN. Simposium Nasional Akuntansi XVIII, Medan.

Martani, Dwi, 2012. Revaluasi Aset Tetap, (online). www.staff.blog.ui.ac.id/martani. Diakses Januari 2016.

Nurjanah, Ai. 2013. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Revaluasi Aset Tetap pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2011, Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Pinnarwan, Djohan. 2015. “ Revaluasi Aset Akuntansi vs Pajak”. Dalam Akuntan Indonesia (hlm. 33-34). Jakarta. Ikatan Akuntan Indonesia.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan (Adaptasi IFRS). Jakarta: Erlangga.

Suandy, Erly, 2011. Perencanaan Pajak, Edisi Revisi 5, Jakarta Salemba Empat.

Suryani, Dwi Kuswardhini. 2002. “ Analisa Revaluasi Aktiva Tetap Terhadap Besarnya Pajak Penghasilan dalam Kaitannya dengan Laporan Keuangan”, Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 12, No.5: 1-20.

Seng, Dyna dan Jiahua Su, 2010. Managerial Incentives Behind Fixed Asset Revaluation, International Journal of Business Research, Vol. 10, No. 2.

Tay, Ink, 2009. Fixed Asset Revaluation: Management Incentives and Market Reactions, Thesis, Lincoln University, Vew Zealand.

Trisnawati, Estralita. 2005. “Perbedaan antara Kebijakan Akuntansi dan Perpajakan dalam Aktiva Tetap”, Jurnal Akuntansi. Universitas Tarumanegara . Jakarta. www.jurnal.pdii.lipi.go.id.

Yulistia, dkk (2015). Pengaruh Leverage, Arus Kas Operasi, Ukuran Perusahaan dan Fixed Asset Intensity terhadap Revaluasi Aset Tetap. Simposium Nasional Akuntansi XVIII, Medan

Yulistia, Resti, Zaitul dan Daniati Puttri, 2012. The Effect of Leverage, Size and Asset Intensity on Fixed Asset Revaluation in Listed Manufacture Companies in Indonesia, International Conference on Competitiveness of Economy in the Global Market (ICCE), Padang.

Waluyo (2010). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wijaya (2014). Mengenal Penghindaran Pajak, Tax Avoidance (online). www.pajak.go.id. Diakses Agustus 2016.

Watts, Ross L. dan Jerold L. Zimmerman, 1986. Positive Accounting Theory, Prentice/Hall International, Inc.

______.Peraturan Mentri Keuangan Republik Indonesia No.191/PMK.010/2015 tentang Penilaian Kembali Aktiva Tetap untuk Tujuan Perpajakan bagi Pemohon yang Diajukan pada Tahun 2015 dan tahun 2016. www.legalitas.org/incl-php/buka.php.

_____. Buletin Teknis 11 tentang Revaluasi Aset Tetap diterbitkan oleh Dewan

Standar Akuntansi Keuangan pada tanggal 23 Februari 2016.

PlumX Metrics

Published
2019-01-31
Section
Articles