Opini Audit, Financial Distress, Pertumbuhan Perusahaan Klien Dan Pergantian Manajemen Terhadap Auditor Switching

  • Mazda Tjahjono Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Saskia Khairunissa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Abstract views: 1481 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 2015

Abstract

Isu mengenai independensi auditor menjadi isu utama yang muncul akibat dari lamanya seorang auditor memberi layanan audit kepada klien. Untuk dapat meningkatkan kualitas dan independensi auditor memerlukan adanya rotasi auditor. Rotasi auditor ini terkait dengan aktivitas perusahaan untuk melakukan auditor switching. Auditor switching merupakan pergantian Kantor Akutan Publik (KAP) atau auditor yang dilakukan oleh klien perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit, financial distress, pertumbuhan perusahaan klien, dan pergantian manajemen terhadap auditor switching. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistic. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan metode purposive sampling.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa opini audit berpengaruh signifikan terhadap auditor switching. sedangkan financial distress, pertumbuhan perusahaan klien, dan pergantian manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching.

Downloads

Download data is not yet available.

References

---

PlumX Metrics

Published
2021-07-05
Section
Articles