Analysis Of Profitability, Leverage, Sales Growth And Family Ownership On Tax Avoidation

  • Wiwit Irawati Universitas Pamulang
  • Zul Akbar Universitas Pamulang
  • Rosita Wulandari Universitas Pamulang
  • Harry Barli Universitas Pamulang
Abstract views: 8139 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 9206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Kepemilikan Keluarga terhadap Penghindaran Pajak. Didorong oleh pentingnya pendapatan pajak sebagai salah satu sumber pendapatan terbesar di negara ini, dengan sampel yang diambil adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada 2013-2017. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sebelum data dianalisis, uji asumsi klasik dilakukan dengan tujuan agar persamaan regresi yang dihasilkan tidak bias dan konsisten. Analisis data yang dilakukan adalah statistik deskriptif dan pengujian regresi linier berganda dengan bantuan alat statistik SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penghindaran pajak. Sementara Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Keluarga tidak berpengaruh pada Penghindaran Pajak. Dan Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, dan Kepemilikan Keluarga secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Penghindaran Pajak di Perusahaan Manufaktur pada 2013-2017.

Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Kepemilikan Keluarga, Penghindaran Pajak

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rosita Wulandari, Universitas Pamulang

Prodi Akuntansi S1

Harry Barli, Universitas Pamulang

Prodi Akuntansi S1

References

Budiman, J. (2012). Setiyono." Pengaruh Karakter Eksekutif terhadap Penghindaran Pajak"(Tax Avoidance). SNA XV.
Chen, J., Zhu, Z., & Yuan Xie, H. J. J. o. I. c. (2004). Measuring intellectual capital: a new model and empirical study. 5(1), 195-212.
Dewi, N. L. P. P., & Noviari, Naniek. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance). E-Jurnal Akuntansi, 882-911.
Hidayat, W. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIAT
3(1), 19-26.
Irawati, W., & Sari, A. K. (2019). PENGARUH PERSEPSI WAJIB PAJAK DAN PREFERENSI RISIKO TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2), 104-114.
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305-360.
Marpa, N. (2012). Perusahaan keluarga sukses atau mati. Tangerang: Penerbit Cergas Media.
Prakosa, K. B. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Keluarga, dan Corporate Governance terhadap Penghindaran Pajak di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi, 17, 24-27.
Richardson, G., & Lanis, R. (2007). Determinants of the variability in corporate effective tax rates and tax reform: Evidence from Australia. Journal of Accounting Public Policy, 26(6), 689-704.
Ridho, M. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan sales growth terhadap penghindaran pajak (Fax Avoidance) pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2010-2014. ((Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)), Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,
Wirawan, I., & Sukartha, I. (2018). Pengaruh Kepemilikan Keluarga dan Ukuran Perusahaan pada Agresivitas Pajak dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(1), 595-625.

PlumX Metrics

Published
2020-07-29
Section
Articles