Penerbitan Sukuk Mudharab, Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Profitabilitas

  • Nana Diana UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Ekawaty Novian Universitas Singaperbangsa karawang
Abstract views: 717 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1129

Abstract

Sistem perekonomian islam yang saat ini sudah mulai dikenal masyarakat mampu memberikan solusi terhadap permasalahan ekonomi. PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk merupakan bank syariah pertama yang hadir di Indonesia,. Dalam kegiatan operasional perbankan, Bank memerlukan modal dari berbagai pihak tak terkecuali dari para investor dan yang mengawali penerbitan sukuk subordinasi mudharabah. Dengan menerbitkan sukuk, Bank Muamalat Indonesia dapat menambah modalnya untuk kegiatan transaksi perusahaan dan lalu lintas pembayaran perusahaan.

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui Pengaruh penerbitan sukuk mudharabah (X1) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) sebagai variabel X2 terhadap Profitabilitas(Y) PT bank Muamalat Indonesia Tbk. Penelitian ini  menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dianalisis merupakan data sekunder dari laporan keuangan triwulan yang terpublish dari tahun 2010 sampai tahun  2018.

Hasil penelitian secara parsial didapat penerbitan sukuk mudharabah berepengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Pengaruh secara simultan didapat penerbitan sukuk mudharabah dan Capital Adequacy  Ratio (CAR) berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap profitabilitas. Koefisien determinasi  (R2) sebesar 0,283 atau 28,3% dapat diartikan Penerbitan Sukuk mudharabah (X1) dan CAR (X2) berpengaruh terhadap Profitabilitas (Y) sebesar 28,3% sedangkan sisanya 71,7% merupakan pengaruh dari Faktor lain yang tidak diteliti. 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-07-20
Section
Articles