Implementasi ISO/IEC 9126 pada Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

  • Vidila Rosalina Universitas Serang Raya
  • Hamdan Hamdan Universitas Serang Raya
Abstract views: 256 , PDF 141-148 downloads: 235

Abstract

ABSTRAKS

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini mencoba menerapkan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk dapat menciptakan one-to-one relationship dengan pelanggan dan mempertahankan retensi pelanggan seperti yang sudah diterapkan pada perusahaan-perusahaan besar. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Bandung. Implementasi ISO/IEC 9126 diterapkan untuk menguji kualitas E-CRM UMKM yang akan diimplementasikan di Banten. ISO/IEC 9126 yang merupakan standard evaluasi untuk produk terutama software yang mencakup model kualitas dan metric. Dengan demikian dalam pengujian kualitas software akan diuraikan mengenai faktor-faktor mengenai taxonomi dari Sistem E-CRM UMKM. Di dalam standard ISO/IEC 9126 diuraikan secara umum karakteristik yang kemudian diuraikan lagi menjadi sub karakteristik sebagai tolok ukur software, yang menjadi framework untuk mengevaluasi Sistem E-CRM yang akan diterapkan pada UMKM yang ada di wilayah Banten.

Kata kunci: Banten, CRM, E-CRM, ISO/IEC 9126, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bergeron, Bryan (2002), Essentials of CRM: A Guide to Customer Relationship Management. John Wiley & Sons, Inc., New York, USA

Whitten, Jeffery, L., Bentley, Lonnie, D., Dittman, and Kevin, C., 2004, Metode. Desain dan Analisis Sistem (diterjemahkan oleh Tim Penerjemah ANDI), Edisi 6, Yogyakarta.

Satzinger, John W., Robert B. Jackson, Stephen D Burd. 2009. Systems. Analysis and Design in a Changing World, Fifth Edition. Course Technology, Cengage Learning EMEA.

Rosalina, Vidila. 2015, Pengujian Sistem Customer Relationship Management (CRM) Pada Perusahaan Petrokimia Menggunakan ISO/IEC 9126, JSII (Jurnal Sistem Informasi), Vol 2 Agustus 2015 ISSN 2406-7768.

PlumX Metrics

Published
2018-11-01