Implementasi E-Registrasi Siswa pada SMK Excellent 1

  • Saryani Saryani
  • Herva Emilda Sari
  • Siti Maesaroh
Abstract views: 298 , PDF downloads: 160

Abstract

Diantara kegiatan yang sangat penting dalam bisnis pada SMK Excellent 1 adalah registrasi siswa. Ketika proses Registrasi dilakukan dengan hanya menggunakan selembar formulir pendaftaran saja kemudian setelah itu data hanya disimpan sebagai arsip, sehingga akan sulit mencari data ketika sedang dibutuhkan dalam berbagai keperluan . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai proses registrasi pada SMK Excellent 1 terdapat permasalahan yang dialami yaitu kurang terkontrolnya perihal pengarsipan dan pelaporan, serta redudansi data material pada saat pembuatan laporan secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisa sistem menggunakan metode analisa SWOT Penulis melakukan Proses desain yang akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat di perkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak, dengan menggunakan Dreamweaver CS3, dan detail Pembuatan Program. Perancangan Sistem merupakan penerapan dari suatu hasil analisa yang telah dilakukan oleh seorang analis terhadap data yang dianalisanya, sehingga menghasilkan suatu rancangan sistem program yang mudah dipahami oleh seorang pembuat program dengan menulis kode program yang akan dieksekusi oleh komputer sesuai dengan yang dibutuhkan oleh user.Dengan adanya komputer dan sebuah sistem informasi diharapkan sistem yang digunakan dalam melakukan pekerjaan dapat berjalan dengan cepat dan dapat menyimpan hasil yang telah diolah, bila suatu nanti dibutuhkan dan juga untuk menjaga keamanan data itu sendiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem E-Registrasi Siswa pada SMK Excellent 1 yang efektif dan efisien. Penelitian juga diharapkan berguna bagi perusahaan pada khususnya dan untuk ikut serta membantu pembangunan bangsa dan Negara pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan E-Registrasi Siswa pada SMK Excellent 1 berbasis web, yang diharapkan mampu menjadi alternatif pemecahan masalah, pengadaan material yang dirancang sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan penelitian yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Padeli, Henderi,Suyatno. 2008. Membangun (EProcurement) Pengadaan Barang dan Jasa Dengan Prinsip Good Corporate Governance dengan Visual UML. Journal CCIT Vol-2 No.1-September 2008.

Rangkuti, Freddy. 2011. Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja Dan Risiko. SWOT Balanced Scorecard. Gramedia Pustaka Utama . Jakarta.

Sutarman, 2012. Buku Pengantar Teknologi Informasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Winarto Edy, Zaki Ali, 2014. Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, dan JavaScript. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

PlumX Metrics