Implementasi Data Warehouse pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus di STMIK Raharja Kota Tangerang)


Arief Herdiansah(1*), Nora Fitriawati(2), Farhamzah Farhamzah(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini merubah pemikiran masyarakat untuk bisa mendapatkan informasi secara cepat, tepat, dan akurat, salah satu istilah yang mencuat akhir-akhir ini adalah konsep smart city/kota pintar. Konsep kota pintar adalah konsep yang mengetengahkan sebuah tatanan kota cerdas yang bisa berperan dalam memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat, tepat dan akurat dengan pengimplementasian teknologi informasi berbasis komputer. Konsep smart city tidak hanya diterapkan pada perusahaan dan institusi pemerintahan, tetapi dapat diterapkan pada sistem atau tatanan Perguruan Tinggi. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi swasta di kota Tangerang, STMIK Raharja terus berusaha mengembangkan sistem informasi berbasis IT sebagai salah satu bentuk peran serta dalam mendukung konsep smart city yang dicanangkan pemerintah kota Tangerang dan dalam rangka mendukung pembangunan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian pembangunan sebuah data warehouse dengan tujuan mendukung penyediaan Informasi bagi masyarakat berkaitan dengan informasi program studi dan informasi penerimaan mahasiswa baru di STMIK Raharja. Dari sudut pandang internal STMIK Raharja, penelitian bertujuan membantu manajemen STMIK Raharja dalam pengambilan keputusan untuk peningkatan layanan serta menentukan strategi penyebaran informasi dan penerimaan mahasiswa baru. Penelitian ini juga dapat memberikan data untuk proses analisa kinerja tim penyebaran informasi, dan kinerja tim penerimaan mahasiswa baru untuk keperluan peningkatan layanan ditahun berikutnya.

Full Text:

PDF

References


Agung, Gregorius. 2004. 11 scrip spektakuler Active Server Pages. Jakarta: PT Elek Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

Barthos, Basir. 2014. Manajemen Kearsipan. (Edisi ke-1, Cetakan ke 10). Jakarta: Bumi Aksara.

Ponniah, Paulraj. 2010. Data Warehousing Fundamentals for IT Profesional. New Jersey, USA: John Wiley & Sons, Inc.

Ramakrishnan, Raghu & Gehrke, Johannes. 2003. Database Management System. (3rd edition). New York, USA: McGraw-Hill Companies, Inc.

Rangkuti, Feddy. 2010. Analisis SWOT, Teknik membedah kasus bisnis. (Edisi ke-1, Cetakan ke16). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rusdiana, A.H & Irfan, Moch. 2014. Sistem Informasi Manajemen. (Edisi 1, Cetakan I). Bandung: CV.Pustaka Setia.

Sakur, B. Stendy. 2004. Aplikasi Web Database dengan Dreamwever MX. Yogyakarta: Andi .

Sommervill, Ian. 2010. Software Engineering. (9th edition). USA: Pearson Education, Inc.,

Sudaryono. 2015. Meodologu Riset di Bidang TI. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiarto, Agus & Wahyono, Teguh. 2014. Manajemen Kearsipan Elektronik. (Edisi ke- 1, Cetakan kesatu). Yogyakarta: Gava Media.


Article Metrics

Abstract view : 7 times| PDF : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.