Pemanfaatan Perangkat Lunak Mathematica Dalam Perkuliahan Kalkulus Materi Limit Fungsi

  • Usep Sholahudin
Abstract views: 502 , PDF downloads: 522

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dari kelas yang memanfaatkan perangkat lunak Mathematica dan kelas Konvensional dalam perkuliahan Kalkulus materi limit fungsi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September – Desember 2016 di Fakultas Teknologi Informasi (FTI), program studi Teknik Informatika Universitas Serang Raya (UNSERA). Metodologi penelitian yang dilakukan adalah Quasi-Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat satu program studi Teknik Informatika tahun ajaran 2016/2017 yang dipilih secara acak sebanyak dua kelas sebagai sampel untuk penelitian, kelas pertama perkuliahan diselenggarakan dengan memanfaatkan Mathematica pada proses pembelajaran (kelas eksperimen), sedangkan kelas kedua perkuliahan secara konvensional. Hipotesis awal (H0) adalah tidak ada perbedaan hasil belajar antara kelas pertama dan kelas kedua. Hasil yang diperoleh adalah dengan uji-t dimana nilai Sig. (2-Tailed) untuk data posttest adalah 0,001. Keputusan yang diperoleh adalah tolak H0 karena 0,001 < 0,05, maka data berbeda signifikan. Ini artinya siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang berbeda. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan dalam pembelajaran Kalkulus materi limit fungsi yang menggunakan perangkat lunak Mathematica dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, R.N. 2016. Aplikasi Metode Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Maple Dalam Meningkatkan Hasil Dan Motivasi Belajar Pada Materi Limit Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, hlm. 972 – 979. FKIP Unswagati Press: Cirebon.

Lestari, K dan Yudhanegara A. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama: Bandung.

Oktaviyanthi, R. dan Supriani, Y. 2015. Utilizing Microsoft Mathematics in Teaching and Learning Calculus, Journal on Mathematics Education, (6) 1, (Online) (http://jims-b.org/wp-content/uploads/2015/03/7-Full-IndoMS-JME-61-Rina-Oktaviyanthi.pdf, diakses 04 September 2016).

Oktaviyanthi, R. dan Herman, T. 2016. A Delivery Mode Study: The Effect of Self-Paced Video Learning on First-Year College Students’ Achievement in Calculus. Artikel dipresentasikan pada The 4th International Conference on Quantitative Sciences and Its Applications, Universiti Utara Malaysia, Putrajaya, Malaysia, 16 – 18 Agustus 2016. (Online) (http://aip.scitation.org/doi/abs/10.1063/1.4966102, diakses 13 Januari 2016).

Wina, S. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada: Jakarta.

Setiawaty, B. 2004. Kalkulus Diferensial. Departemen Matematika FMIPA-IPB: Bogor.

Sholahudin, U. 2016. Pengajaran Limit fungsi menggunakan Perangkat Lunak Mathematica. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, hlm. 1165 – 1171. FKIP Unswagati Press: Cirebon.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA: Bandung.

Sujarweni, V. dan Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Penerbit Pustaka Baru Press: Yogyakarta.

Torrence, B. dan Torrence, E. 2009. The Student’s Introduction to Mathematica. Cambridge University Press: New York.

PlumX Metrics

Published
2017-11-23