Efektivitas Sistem Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik pada Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Serang


Ardiansyah Ardiansyah(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengadaan barang/jasa secara elektronik atau e-procurement adalah pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Adapun Layanan Pengadaan Secara Elektronik yang disebut LPSE adalah unit kerja Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/ Institusi yang bertugas melaksanakan sistem pelayanan pengadaan barang/jasa secara elektronik. Untuk menanggulangi hal tersebut maka pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan dalam sistem pengadaan yang disebut dengan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana proses alur lelang dalam Sistem Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik, bagaimana efektivitas SPSE, dan faktor pendukung dan penghambat keberhasilan Sistem Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan, dengan menggunakan key informan. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan informasi yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara informasi tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pekerjaan Umum Kota Serang telah melakukan proses lelang yang lebih baik dengan menggunakan Sistem Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik. Walaupun ada beberapa indikator yang menjadi penghambat keberhasilan SPSE, namun secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa seluruh indikator tersebut mendukung keberhasilan program SPSE. Indikator yang digunakan dalam mengukur Efektivitas Sistem Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik adalah indikator kuantitas, kualitas dan ketepatan waktu


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. (2006). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya

Bharata, Atep. (2004). Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media Komputindo

Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia

Islamy, M. Irfan. (2003). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustopadidjaja. (2003). Manajemen Proses Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Miles, M.B & A.M Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

Moleong, J.Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Riant. (2003). Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2006). Manajemen Pelayanan. Jakarta : Pustaka Pelajar

Sugiyono, (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alphabet

Subarsono. (2005, 2011). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Thoha, Miftah. (2005). Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahab, Solichin Abdul. (2005). Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Widodo, Joko. (2007). Analisis Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik, Bayumedia Publishing, Malang.

Winarno, Budi. (2007) Kebijakan Publik: Teori dan Proses. Yogyakarta : Media Pressindo.

Wahab, Solichin Abdul. (2004). Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 151 times| PDF : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.