Desain Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jawa Banten pada Perangkat Mobile Berbasis Android Menggunakan Teknologi Web Service


Haris Triono Sigit(1*), Sulistiyono Sulistiyono(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran Bahasa Jawa Banten pada perangkat mobile dengan menerapkan teknologi Web Service. Bahasa Jawa Banten adalah bahasa daerah yang dituturkan oleh masyarakat di propinsi Banten. Bahasa ini digunakan sebagai bahasa percakapan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Serang, Cilegon dan sebagian kecil wilayah Tangerang. Bahasa daerah perlu dilestarikan keberadaannya karena ada kecenderungan penutur bahasa daerah akan terus berkurang karena tergerus laju modernisasi. Seiring dengan berkurangnya jumlah penutur maka akan berdampak pada hilangnya beberapa kosa kata dari bahasa daerah tersebut. Bahasa Jawa Banten juga berpotensi akan mengalami kepunahan karena di lokasi penutur bahasa Jawa Banten terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan pengurangan jumlah penutur seperti misalnya laju modernisasi dan kawin campur. Oleh karena itu Bahasa Jawa Banten perlu dijaga kelestariannya agar tetap menjadi bahasa daerah yang eksis di propinsi Banten. Pemerintah daerah pun telah mengupayakan bahasa ini agar tetap terjaga kelestariannya dengan memasukkan Bahasa Jawa Banten ke dalam mata pelajaran muatan lokal untuk tingkat Sekolah Dasar sehingga langkah ini perlu didukung dengan membuat media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat. Dengan demikian perlu dibangun suatu aplikasi pembelajaran yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh siswa Sekolah Dasar saja, tetapi juga dapat digunakan oleh seluruh masyarakat yang ingin mempelajari bahasa Jawa Banten secara mandiri. Aplikasi pembelajaran bahasa Jawa Banten ini akan dibangun pada perangkat mobile berbasis sistem operasi Android karena mengingat saat ini jumlah pengguna smartphone Android lebih besar dibandingkan dengan jumlah pengguna smartphone yang menggunakan sistem operasi mobile lainnya. Konsep yang akan dirancang adalah aplikasi mobile yang akan menggunakan teknologi web service. Dengan penerapan web service, aplikasi bisa berjalan lebih fleksibel karena proses update dapat dilakukan di sisi server sehingga pengguna dapat menerima tambahan materi pembelajaran dan kosa kata terbaru tanpa harus selalu menginstall update aplikasi.


Full Text:

PDF

References


Al-Bahra Bin Ladjamudin, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Bougettaya, A., Sheng, Q.Z., Advanced Web Services, Springer 2014

H, Nazruddin Safaat. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android Edisi Revisi. Bandung: Informatika http://news.liputan6.com/read/3142878/kenapabahasa- daerah-di-indonesia-berangsur-punah. diakses pada tanggal 10 Nov 2017.

http://virtualofworld.blogspot.co.id/2016/04/teknologi-web-service.html) diakses pada tanggal 10 Nov 2017.

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/17/10/05/oxcdg2382-badan-bahasarevitalisasi- 67-bahasa-daerah-hampir-punah.

diakses pada tanggal 10 Nov 2017.

https://bambangsuhartono.wordpress.com/2014/12/2 8/web-service-dan-manfaatnya-padaperusahaan/# more-2350. diakses pada tanggal 10

Nov 2017.

https://reo06.wordpress.com/2015/02/27/dokumentasi-1-json-webservices-sederhana. diakses pada tanggal 10 Nov 2017.

https://www.kompasiana.com/ridone/bahasa-jawabanten-salah-satu-yang-akanpunah_54f92707a333112b058b4706. diakses pada tanggal 10 Nov 2017.

Jogiyanto H.M, 2008. Analisis dan Desain. Andi Offset, Yogyakarta.

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP, Andi Offset, Yogyakarta.

Shalahuddin, Muhammad & Rosa Ariani S. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Suprianto, Dodit & Rini Agustina. 2012. Pemrograman Aplikasi Android: step by step membuat aplikasi android untuk Smartphone dan Tablet. Yogyakarta: MediaKom


Article Metrics

Abstract view : 43 times| PDF : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.