Healthcare Facility Area Mapping (HEFAM) Sebagai Media Informasi Letak dan Fasilitas Kesehatan ( Study kasus Penerapan Aplikasi Smart City Kota Serang Untuk Pelayanan Kesehatan)


Akip Suhendar(1*), Sarifah Sarifah(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kota serang merupakan salah satu kota yang sedang mengembangkan konsep Smart City untuk tata kelola kota dan keterbukaan informasi bagi masyarakat umum, salah satu konsep teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung hal tersebut ialah sistem informasi geografis (SIG), khususnya dalam bidang kesehatan SIG dapat digunakan dalam penyediaan informasi mengenai fasilitas kesehatan dari penyedia layanan kesehatan baik rumah sakit, klinik, serta puskesmas yang terdapat dikota serang, dengan adanya aplikasi Healthcare facility area mapping (HeFAM) Sebagai media informasi Fasilitas Kesehatan Kota Serang dapat membantu dinas kesehatan kota serang dalam melakukan penyediaan informasi umum bagi masyarakat, sehingga masyarakat dengan mudah dalam memperoleh informasi seputar letak lokasi dan fasilitas yang dimiliki oleh pelayanan kesehatan agar dengan tepat menentukan kebutuhan pelayanan dalam bidang kesehatan. Aplikasi (HeFAM) dibangun dan dirancang dengan menggunakan model Waterfall dan diagram UML (Unified Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah PHP, JavaScript dan HTML dengan database MySQL. Aplikasi (HeFAM) diimplementasikan dengan Google Maps API. Berdasarkan hasil dari pengujian dan penilaian sistem yang telah dilakukan, bahwa Aplikasi (HeFAM) Berbasis Web dapat membantu Pihak Dinas Kesehatan Kota Serang dalam penyediaan informasi mengenai letak dan fasilitas kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai data dan kelengkapan fasilitas kesehatan yang ada di kota Serang

Full Text:

PDF

References


Booch, G, Rumbaugh. J, dan Jacobson. I. 1999. The Unified Modeling Language User Guide. Addison-Wesley. Longman Ltd. Germany.

Cohen, B. Smart City Teknologi, (online), (https://www.fastcompany.com/3038818/the-smartest-cities-in-the-world-2015-methodology, diakses 20 januari 2017).

Gunawan, H Akselerasi Smart City Di Kota Serang, (Online), (http://serangkota.go.id/ppid/?p=1035, diakses 7 oktober 2017).

Jeklly H. Sambuaga, Yaulie .Deo. Y. Rindengan, Alwin .M. Sambul (2013) Perancangan E-health Kota Cerdas (Studi Kasus : Kota Manado ). Jurnal Teknik Informatika (TEKNO) Vol 11 No 1, 2017.

Pratama, I Putu Agus Eka. (2014). Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung lainnya. Bandung: Informatika Bandung.

S, Rosa dan Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Testiana, Gusmelia. (2016). “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Wisata Islam Melayu di Kota Palembang Berbasis Android”. Univesitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Vol. 22. No. (1).

Venkatesh. J, Aksanli, B, Chan C.S, Akyurek A.S, (2017), Modular and Personalized Smart Health Application Design in a Smart City Environment, IEEE Internet of Things Journal, DOI 10.1109/JIOT.2017.2712558


Article Metrics

Abstract view : 239 times| PDF : 668 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.