Sistem Informasi Geografis Pemetaan Madrasah Pada Kementrian Agama di Kabupaten Pandeglang Berbasis WEB

  • Ayu Mira Yunita
  • Suryaman Suryaman
Abstract views: 401 , PDF downloads: 1175

Abstract

Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu cabang wilayah dari Kementerian Agama Provinsi Banten, yang dalam keseharianya bertugas menyelenggarakan urusan di bidang keagamaan serta memberikan informasi seputar keagamaan. Dalam proses penyediaan informasi Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang masih menggunakan cara konvensional sehingga masyarakat kesulitan dalam mengakses informasi, seperti pada proses pencarian informasi madrasah yang belum pernah di kunjungi sebelumnya. Aplikasi ini dapat memenuhi keterbatasan cara konvensional dalam memberikan layanan informasi dengan memberikan kemudahan kepada pengunjung didalam mengakses informasi tentang Madrasah. Aplikasi Sistem Informasi Geografis ini dirancang menjadi tiga pengguna yaitu pengunjung, operator Madrasah dan Admin Kemenag dan juga menggunakan Flow Of System (FOS), Contex Diagram, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), dengan bahasa pemrograman PHP, menggunakan tools Adobe Dreamweaver CS6, Google Maps API dan database menggunakan MySQL, hasilnya berupa inputan data Madrasah dan menampilkan informasi Madrasah beserta peta dan rute ke Madrasah tujuan. Dengan implementasi Sistem Informasi Geografis ini diharapkan mampu memberikan solusi terhadap pelayanan informasi yang terbatas pada Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang serta diharapkan mampu memperkenalkan Madrasah beserta fasilitas fisiknya kepada masyarakat luas melalui media internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, Rena., dkk. (2015). Pemanfaatan Google Maps API pada Sistem Informasi Geografis Direktori Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu. Jurnal Teknik Informatika. Universitas Dehasen Bengkulu.

Binarso, Y.A., dkk. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Alumni Berbasis Web pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Dipenogoro. Jurnal Teknologi Informasi. Universitas Dipenogoro.

Dyah, N.R. & Arsyandi, E.R (2015). Sistem Informasi Geografis Tempat Praktek Dokter Spesialis di Provinsi D.I. Yogyakarta Berbasis Web. Jurnal Informatika. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Jogiyanto, H.M. (2013). Sistem Teknologi Informasi Bisnis: Pendekatan Strategis. Jakarta : Salemba Empat

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pengertian Madrasah. Diambil pada 13 April 2017 dari http://kbbi.web.id/madrasah

Lubis, M.A., dkk. (2015). Penggunaan Sistem Informasi Geografis Menumbuhkan Keinginan Perjalanan Wisata. Jurnal Ipteks Terapan. STMIK Indonesia Padang.

Mulhim, Imam (2014). Desain Web untuk Desktop dan Mobile dengan Responsive Web Design. Palembang: Maxikom.

Prahasta, Eddy (2014). Sistem Informasi Geografis Konsep – Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung : Informatika.

Prasetyo, Dini Bagus (2014). Sistem Informasi Geografis Berbasis Google Maps Api Untuk Pemetaan Profil Kriminalitas Tipe Konvensional Di Wilayah Hukum Polresta Yogyakarta. Jurnal Teknik Informatika. STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Rahman, Su (2013). Cara Gampang Bikin CMS PHP Tanpa Ngoding. Jakarta: Mediakita.

Ramadhani, H.A., dkk. (2016). Aplikasi WebGIS untuk Informasi Persebaran Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah di Kabupaten Kudus Menggunakan Here Map API. Jurnal Teknik Geodesi. Universitas Dipenogoro.

Setiawan, Foni Agus (2012). Pemrograman Internet. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Sutarman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Wardiyatmoko, K. (2014). Geografi untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta : Erlangga

PlumX Metrics

Published
2017-11-23