MODEL PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BEASISWA: STUDI KASUS PADA FAKULTAS INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR BANTEN


Ayu Mira Yunita(1*),

(1) Universitas Mathla'ul Anwar
(*) Corresponding Author

Abstract


Seleksi penerima beasiswa pada Fakultas Informatika dan Komputer Universitas Mathla’ul Anwar Banten
merupakan hal penting dalam penentuan siapa yang benar-benar berhak untuk mendapatkan beasiswa. Kendala
yang di hadapi selama ini adalah proses seleksi dilakukan secara manual melalui perhitungan dengan menggunakan microsoft Excel. Untuk menentukan calon penerima beasiswa tersebut maka salah satu pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan logika fuzzy metode Mamdani dengan aplikasi matlab dan metode K-means dengan aplikasi Rapidminer. Kriteria yang digunakan adalah IPK, Semester, penghasilan orang tua/wali, jumlah tanggungan orang tua/wali. Dengan pendekatan tersebut diharapkan tim penyeleksi mampu membuat keputusan untuk menentukan penerima beasiswa. Dari kriteria tersebut maka dibuatlah suatu model sistem pendukung keputusan seleksi penerima beasiswa. Hasil yang didapat pada penelitian ini berupa model pendukung keputusan penerima beasiswa yang cepat dan akurat.


Full Text:

PDF

References


Eng.Naba A,”Belajar Cepat Fuzzy Logic menggunakan Matlab”, Andi Offset Yogyakarta, 2009.

Soedibjo B.S, “Pengantar Metode Penelitian”. STIE STMIK Pasim, Bandung. 2005

Eko Prasetyo, “Data Mining Konsep dan Aplikasi menggunakan Matlab”

I Ayuningtiyas I K. “Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Kesehatan Balita Menggunakan Penalaran Fuzzy Mamdani”, e-Indonesia, SNATI 2007, ( 16 Juni 2007)

Marimin dan Maghfiroh, N “Aplikasi Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok”, Cetakan 1, IPB Press, Bogor, 2010.

Mardison.”Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pencairan Kredit Nasabah Bank Dengan Menggunakan Logika Fuzzy Dan Bahasa Pemograman Java” , e-Indonesia, VOL. 5 NO. 1, ( MARET 2012)

Putra sutikyo P H, “Penggolongan suara berdasarkan usia dengan menggunakan metode K-means Raymond McLeoad, Jr, “Sistem Informasi Manajemen”, Edisi Bahasa Indonesia: PT.Indek, 2007

Kusumadewi S, Purnomo H, “ Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan”, Edisi ke 2 Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.

Kusumadewi S, “Analisis Desain Sistem Fuzzy menggunakan Tool Box Matlab”

Suprihatin, “Klastering K-means untuk Penentuan Nilai Ujian” e-Indonesia ( Februari 2011)

Suharsimi,Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Tan, Dan. Dkk. 2005. Discovering Knowledge in Data. John Wiley’s and Son.

Munandar T A, “Pemilihan Jurusan Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Fuzzy Logic”, e-Indonesia, (Juni 2013).

Rismawan T, “Aplikasi K-Means untuk pengelompokan mahasiswa berdasarkan nilai body Mass Index (BMII) & ukuran Kerangka”, e-Indonesia, ( Juni 2008).


Article Metrics

Abstract view : 26 times| PDF : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.