Sistem Pendukung Keputusan Penerima BOP Pendidikan Madrasah Dengan Metode Multi Criteria Decision Making (MCDM)

  • Akip Suhendar
  • Epa Novia
Abstract views: 577 , PDF downloads: 1165

Abstract

Kementrian Agama kota Serang adalah salah satu lembaga yang berada dibawah Menteri Agama Republik Indonesia, Salah satu tugas utamanya adalah mengelola lembaga pendidikan islam yaitu madrasah diniyah, madrasah ibtida’iyah, madrasah pondok pesantren, dan juga pengelolaan dana bantuan operasional pendidikan. kurangnya akurasi antara kriteria dan persyaratan penerima BOP sehingga rentan terjadi manipulasi,  oleh karena itu maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk memberikan rekomendasi terhadap penetapan penerima bantuan operasional pendidikan (BOP)  yang akurat. Metode MCDM yang sesuai diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan penetapan penerima BOP ini adalah metode Weighted Product Model (WPM) karena alasan kesederhanaan dan juga sesuai dengan proses pemilihan alternatif. Adapun Kriteria penerima bantuan operasional pendidikan (BOP) antara lain: minimal memiliki siswa 60 orang, memiliki izin operasional, bangunan fisik , minimal memiliki 4 kelas, minimal memiliki 4 orang pengajar, usia madrasah minimal 2 tahun, tidak sedang mendapatkan bantuan dari instansi lain. tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode MCDM untuk  membangun aplikasi sistem pendukung keputusan penentuan penerima BOP madrasah dan memudahkan bagian Kementrian Agama untuk menyeleksi calon penerima bantuan operasional pendidikan. pada penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk memberikan rekomendasi terhadap penetapan penerima bantuan operasional pendidikan (BOP) madrasah, aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Delphi 7 dan database MySql.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handy, T.P., 2011. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART)”, Tugas Akhir, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan

Akhiro, R. (2008) “Studi Multi Criteria Decision Making (MCDM) untuk Recommender System Bursa Tenaga Kerja”, Tesis Program Studi Magister Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Eniyati, S. (2011) “Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)”, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, ISSN:0854-9524, Vol. 16. No. (2), Hal. 171­176.

Lestari, S (2013) “Penerapan Metode Weighted Product Model Untuk Seleksi Calon Karyawan”, Jurnal Sistem Informasi, ISSN Print : 2085-1588, Vol. 5. No. (1), Hal. 540-545

Septiani, W. dan Ivanna, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penilaian Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pusaka Bangsa”, Jurnal Teknik Industri, ISSN:1411-6340, Hal. 56-64.

Munawar. (2005). Pemodelan Visual dengan UML. Jakarta : Graha Ilmu

PlumX Metrics

Published
2017-01-23
Section
Articles