Pengujian Sistem Customer Relationship Management (CRM) pada Perusahaan Petrokimia Menggunakan ISO/IEC 9126

  • Vidila Rosalina Universitas Serang Raya
Abstract views: 533 , PDF downloads: 670

Abstract

Perusahaan-perusahaan petrokimia saat ini sebagian besar sudah menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM) untuk dapat menciptakan one-to-one relationship dengan pelanggan dan mempertahankan retensi pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada  perusahaan petrokimia  PT. Lottechem Petrokimia Nusantara, Tbk. untuk menguji kualitas sistem CRM yang telah diimplementasikan di perusahaan petrokimia tersebut dengan menggunakan ISO/IEC 9126 yang merupakan standard evaluasi untuk produk terutama software yang mencakup model kualitas dan metric. Dengan demikian dalam pengujian kualitas software akan diuraikan mengenai faktor-faktor mengenai taxonomi dari Sistem CRM di PT. Lottechem Petrokimia Nusantara, Tbk.  . Di dalam standard ISO/IEC 9126 diuraikan secara umum karakteristik yang kemudian diuraikan lagi menjadi sub karakteristik sebagai tolok ukur software, yang menjadi framework untuk mengevaluasi Sistem CRM di PT. Lottechem Petrokimia Nusantara, Tbk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bergeron, Bryan (2002), Essentials of CRM: A Guide to Customer Relationship Management. John Wiley & Sons, Inc., New York, USA

ISO/IEC 9126/1 (2001), Draft International Standard “Information Technology – Software Product Quality”.

Jones, Jennifer & Trott, Bob (2001), “Getting personal on multiple CRM channels”, InfoWorld, San Mateo.S. M. Metev and V. P. Veiko, Laser Assisted Microtechnology, 2nd ed., R. M. Osgood, Jr., Ed. Berlin, Germany: Springer-Verlag, 1998.

Sukoco, Agus (2010), “ Aplikasi Wizard Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Menggunakan ISO 9126”, ERESHA SCHOOL OF IT.

Zikmund, W., R. McLeod and F. Gilbert (2003): Customer Relationship Management – Integrating Marketing Strategy and Information Technology, John Wiley & Sons.

PlumX Metrics

Published
2017-01-20
Section
Articles