ANALISIS USABILITY TESTING PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE UNTUK MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNA

  • Nanda Arsyia Murti Universitas Gunadarma
Abstract views: 3482 , PDF downloads: 1800

Abstract

Abstrak - Aplikasi transportasi online di Indonesia semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan hal ini ditunjukkan oleh beberapa perusahaan yang memberikan pelayanan dalam aplikasi transportasi online seperti A, B dan C, namun masih ditemukan masalah-masalah dalam penggunaannya di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat usability testing dan menganalisis perbedaan usability testing pada aplikasi transportasi online A, B dan C untuk mengukur kepuasan pengguna di wilayah Jabodetabek. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling dengan jumlah sebanyak 96 pengguna. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan Independent-Sample T-Test dengan program SPSS versi 23. Hasil analisis data diperoleh bahwa aplikasi transportasi online A dan B memiliki tingkat kemudahaan, efisiensi, mudah diingat, keamanan dan kepuasan pengguna yang tinggi. Sementara itu aplikasi transportasi online C memiliki tingkat kemudahan, efisiensi dan mudah diingat yang tinggi, namun memiliki tingkat keamanan dan kepuasan pengguna dengan tingkat sedang. Tidak terdapat perbedaan usability testing pada aplikasi tranportasi online A dengan B untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna di wilayah Jabobetabek, namun aplikasi transportasi online A dan B memiliki perbedaan usability testing secara singnifikan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna di wilayah Jabobetabek.

 

Kata kunci :  Usability Testing, Transportasi Online, Cluster Sampling

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nanda Arsyia Murti, Universitas Gunadarma
Karyawan Honorer

References

Referensi

[1] Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE.

[2] Noor, J. (2014). Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen. Jakarta: Grasindo.

[3] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

[4] Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

[5] Alfiqie, M. Y., Aknuranda, I., & Wardani, N. H. (2008). Evaluasi Usability Pada Aplikasi UBER Menggunakan Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), 2599-2606.

[6] Aries, T. M., Ranius, Y. A., & Saputri, N. A. (2017). Usability Testing Untuk Mengukur Penggunaan Website STIK Bina Husada Palembang. Jurnal Teknik Informatika, Universitas Bina Darma Palembang, 1-12.

[7] Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 149-156.

[8] Farouqi, M. I., Aknuranda, I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), 3110-3117.

[9] Permana, N. R., Aknuranda, I., & Rokhmawati, R. I. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Grab dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(10), 150-3156.

[10] Priambodo, R. G., Wijoyo, S. H., & Indah, R. (2019). Evaluasi Aplikasi Anterin Menggunakan Metode Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(6), 5987-5993.

[11] Rahayu, I. P. (2018). Transportasi Online dalam Pandangan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan Dampak Ekologi yang Ditimbulkan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[12] Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Reseach Methods for Business: A Skill Building Approach. United Kingdom: John Willey & Sons.

[13] Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

[14] Nielsen Norman Group. (2014, Januari 12). Turn User Goals into Task Scenarios for Usability Testing. Retrieved from Nielsen Norman Group: https://www.nngroup.com/articles/task-scenarios-usability-testing/

PlumX Metrics

Published
2020-03-06
Section
Articles