PENERAPAN DATA MINING REKOMENDASI BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

  • Saefudin Saefudin Universitas Serang Raya
  • Donny Fernando Universitas Serang Raya
Abstract views: 1380 , PDF downloads: 1001

Abstract

Abstrak - Perpustakaan Kota Cilegon memiliki total koleksi sebanyak 13.792 judul dan 30.135 eksemplar. Dengan buku sebanyak itu pengelolaan rekomendasi buku harus diperhatikan supaya mempermudah petugas perpustakaan dalam merekomendasikan buku untuk pengunjung.Untuk itu diperlukan suatu metode dalam pencarian pola peminjam buku, salah satunya dengan datamining. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pola peminjaman buku dengan memanfaatkan algoritma apriori dalam menentukan rekomendasi buku pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon agar memudahkan petugas perpustakaan dalam menentukan buku yang ingin direkomendasikan pada pengunjung. Metode yang digunakan yaitu Algoritma Apriori dimana metode ini menentukan itemset dari transaksi pinjaman buku yang kemudian dikelompokan dalam tabel itemset1, tabel itemset2, tabel nilai support, tabel nilai confidence dan mendapatkan pola pinjaman buku. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan data mining dapat menghasilkan suatu informasi dari transaksi pinjaman buku pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon.

 

Kata Kunci : Data Mining, Algoritma Apriori, Assosiation Rule,  Rekomendasi Buku, Perpustakaan Kota Cilegon

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

[1]. A.S Rosa dan Salahuddin M, (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.

[2]. Arief, M.Rudianto. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql. Yogyakarta: ANDI.

[3]. Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah, (2017). Sejarah [Online].

[4]. Herlawati& Widodo.(2011). Menggunakan UML.Informatika. Bandung

[5]. Kusrini dan Luthfi Taufiq Emha, (2009), Algoritma Data Mining”, Andi, Yogyakarta.

[6]. Mandias, G. F. dkk. (2018). Analisa Pola Peminjaman Buku di Pepustakaan Universitas Klabat Menggunakan Algoritma Apriori. Program Studi Sistem Informasi, Universitas Klabat, Airmadidi.

[7]. Nugroho.Adi. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta: Andi Offset.

[8]. Santoso, B. (2007), Data Mining:Teknik pemanfaatan data untuk keperluan bisnis, Graha Ilmu, Yogyakarta.

[9]. Santoso, Heroe. (2017). Data Mining Penyusunan Buku Perpustakaan Daerah Lombok Barat Menggunakan Algoritma Apriori.Seminar Nasional TIK dan Ilmu Sosial (SocioTech) 10 Oktober 2017.

[10]. Srikanti, Esis. dkk. (2018). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Mencari Aturan Asosiasi Pada Data Peminjaman Buku Di Perpustakaan. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 4, No. 1, Februari 2018.

[11]. Saefudin, Septian DN (2019). Penerapan Data Mining Dengan Metode Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Pembelian Ikan, Jurnal Sistem Informasi (JsiI), Vol.6, No.2, September 2019.

[12]. Tumini.dan Lestanto, E. (2017). Aplikasi Data Mining Menggunakan Metode Association Rule Dan Algoritma Apriori Berbasis Web Pada Perpustakaan Di SMA Negeri 1 Bungursari. Jurnal Informatika SIMANTIK Vol. 2 No. 2 September 2017.

[13]. Yanto, Robi. dan Kesuma, H. D. (2017).Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule.Daftar Pustaka Jatisi, Vol. 4 No. 1 September 2017.

PlumX Metrics

Published
2020-03-06
Section
Articles