Memenangkan Loyalitas Pelanggan Melalui Corporate Social Responsibility Di Pasar Air Minum Kemasan


Arum Wahyuni Purbohastuti(1*), Widya Nur Bhakti(2), Muhammad Johan Widikusyanto(3),

(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Persaingan yang ketat dipasar air minum kemasan memaksa setiap pemasar di Industri ini menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk bertahan dan memenangkan persaingan dengan menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model penelitian yang menggambarkan peran CSR dalam membangun loyalitas pelanggan di pasar air minum kemasan dengan melibatkan dua variabel lain sebagai mediator yaitu kepuasan pelanggan dan kepercayaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemasar air minum kemasan untuk menghadapi persaingan di pasar yang mereka perjuangkan.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 konsumen air minum dalam kemasan di kota Serang dengan teknik Accidental sampling. Teknik analisis yang akan digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak AMOS.

Temuan penelitian ini membuktikan bahwa CSR memengaruhi kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Kepuasan terbukti memengaruhi kepercayaan dan loyalitas terhadap sikap pelanggan. Kepercayaan pelanggan terbukti berpengaruh pada Loyalitas Sikap. Kepuasan dan kepercayaan tampaknya tidak berpengaruh pada Loyalitas Perilaku.

Kepuasan dan kepercayaan adalah variabel yang memediasi pengaruh CSR pada loyalitas sikap. Dengan demikian, CSR dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan meningkatkan atau meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan mereka.

 

Kata kunci: CSR, Loyalitas, Kepuasan, Kepercayaan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 31 times| PDF : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.