PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP SEMANGAT KERJA DIVISI PRODUKSI KARYAWAN PADA PT. UTAMA GAS MULTI PERKASA CABANG SERANG


syamsudin syamsudin(1*), Tedy Bachtiar(2),

(1) Universitas Serang Raya
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian semangat kerja pada PT. Utama Gas Multi Perkasa cabang Serang dari responden semangat kerja terhadap Fasilitas sebagai stimulus, suatu studi pada 50 responden PT. Utama Gas Multi Perkasa Divisi Produksi Cabang Serang. Variabel Lingkungan Kerja. Banyak faktor yang mempengaruhi Semangat Kerja diantaranya Lingkungan Kerja dan Motivasi. Permasalahan dalam penelitan ini adalah (1) Apakah ada pengaruh lingkungan kerja terhadap semangat kerja karyawan PT. Utama Gas Multi Perkasa divisi produksi cabang Serang, (2) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap semangat kerja karyawan PT. Utama Gas Multi Perkasa divisi produksi cabang Serang, (3) Apakah ada pengaruh lingkungan kerja dan motivasi secara bersama-sama terhadap semangat kerja karyawan PT. Utama Gas Multi Perkasa divisi produksi cabang Serang.


Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 17,068 + 0,556X1 + 0,588X2. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja dengan nilat t = 3,260, Motivasi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja dengan nilai t = 2,056, lingkungan kerja dan motivasi secara bersama-sama terdapat pengaruh signifikan terhadap semangat kerja dengan nilai F = 6,925 Secara keseluruhan lingkungan kerja dan motivasi mempengaruhi semangat kerja sebesar 0,228atau 22,8%, Sedangkan sisanya 77,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.


Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh postif dan signifikan antara Lingkungan Kerja terhadap Semangat Kerja, 2) Terdapat pengaruh postif dan signifikan antara Motivasi terhadap Semangat Kerja, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Kerja danMotivasi secara simultan terhadap Semangat Kerja.
Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Motivasi, dan Semangat Kerja


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 157 times| PDF : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.