Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisi (Studi Kasus pada PT XL Axiata Tbk periode 2010-2018)

  • Raga Aquino Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banten
Abstract views: 1069 , PDF downloads: 2525

Abstract

Merger adalah penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan. Sedangkan akuisisi merupakan pengambilan kontrol modal atas perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan yang diukur dengan Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM),Earning Per Share (EPS), dan Debt to Equity Ratio (DER) antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi pada PT XL Axiata Tbk. periode 2010-2018.

Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling, diperoleh perusahaan sebagai sampel penelitian yaitu : PT XL Axiata Tbk periode 2010-2018. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan metode dokumentasi melalui www.xlaxiata.co.id dan www.idx.com berupa laporan keuangan perusahaan. Alat analisis yang digunakan  untuk pengujian hipotesis adalah SPSS 24.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja perusahaan yang diukur dengan menggunakan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM),Earning Per Share (EPS), dan Debt to Equity Ratio (DER) terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Sedangkan Current Ratio (CR) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi.

 

Kata Kunci : Merger, Akuisisi, Current Ratio, Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin, Earning Per Share, Debt to Equity Ratio

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-07-26