Main Article Content

Teuku Fadjar Shadek

Abstract

Eksistensi dosen yang kompeten dan professional merupakan syarat mutlak hadirnya sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, yaitu salah satunya dosen, dibidang aplikasi teknologi informasi kompetensi atau yang sering diistilahkan dengan ICT (Information and Communication Technology) sangatlah penting. Kinerja dosen yang berkualitas sangat dibutuhkan oleh organisasi pendidikan. Indikator kinerja adalah ukuran kuantitatif dan/atau kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian suatu sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan. Terdapat beberapa faktor yang mampu mempengaruhi kinerja dosen diantaranya adalah kompetensi dosen. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh kompetensi dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Al-Khairiyah terhadap kinerja dan hasil pembelajaran, sebagai pertimbangan dalam mengembangkan sistem kompetensi dosen. Hal-hal yang dipersiapkan adalah kesiapan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer terhadap sistem kompetensi, menyiapkan jaringan infrastruktur sistem kompetensi, dari Hardware seperti Local Area Network, kemudian software dan brainware, serta hasil penilaian kompetensi menggunakan sistem kompetensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Budi Djatmiko. (2004). Pengaruh Komitmen, Kepuasan Kerja, Kompetensi dosen terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa serta dampak terhadap Pangsa Pasar. Bandung: Disertasi Pascasarjana UNPAD.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Siste Informasi. Yogyakarta: Andi.

Mulyasa, (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cetakan 2. Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma (2002). Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Rusman, Dr, (2010) Seri Manajemen sekola bermutu model - model pembelajaran mengembangakan profesionalisme, PT Raja Grafindo Persada, Jakarata.

Seels Barbara B, (1994) Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasanya Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta, Jakarata.

Widodo Prabowo Pudjo dan Herlawati, (2010) Menggunakan UML, PT Informatika, Bandung.

Zachman, J.A, (2008) John Zachman’s Concise Definition of The Zachman Fremawork, Zachman CEO Internasional, Inc , USA.

Seels Barbara B, (1994) Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasanya Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta, Jakarata.

https://moodle.org/

Author Biography

Teuku Fadjar Shadek, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Al - Khairiyah Cilegon

Dosen Stikom Al-Khairiyah Cilegon, Asisten Ahli