Main Article Content

Saefudin .
Rizal Ikhwanto

Abstract

Secara definitif, Ruang Terbuka Hijau (Green Openspaces) adalah kawasan atau areal permukaan tanah yang didominasi oleh tumbuhan yang dibina untuk fungsi perlindungan habitat  tertentu, dan atau sarana lingkungan/kota, dan atau pengamanan jaringan prasarana, dan atau budidaya  pertanian. Selain untuk meningkatkan kualitas atmosfer, menunjang kelestarian air dan tanah, Ruang Terbuka Hijau (Green Openspaces) di tengah-tengah ekosistem perkotaan juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas lansekap kota.Kota Serang memiliki banyak ruang terbuka hijau yang tersebar di beberapa wilayah, hal ini menjadikan masyarakat kesulitan dalam mendapatkan informasi mengenai letak dan keberadaan ruang terbuka hijau. Untuk itulah, diperlukannya aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG), agar mampu memberikan informasi persebaran ruang terbuka hijau. Dengan mengintegrasikan data yang diperoleh dari Google Maps API dan data ruang terbuka hijau yang diperoleh dari Dinas Tata Kota akan menghasilkan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) persebaran lokasi ruang terbuka hijau yang akan di tampilkan melalui sebuah maps digital online(Google Maps).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Arif Setiawan, Fajar Nugraha (2015) ”Sistem Informasi Geografis Pemetaan UMKM Rokok Berpotensi Pajak”.

Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah. (2014). “ Pengembangan Ruang Terbuka Hijau Dan Hutan Kota Di Kota Serang”, Serang : Bappeda Kota Serang.

Dharma, A., 2013, TrikMudahMenguasai OOP dengan PHP, Yogyakarta, Lokomedia

Dharwiyanti, S., 2003, Pengantar Unified Modeling Language (UML), IlmuKomputer

Eko Tresno Prabowo, Muhammad Sholeh, Catur Iswahyudi (2013) “Sistem Informasi Geografis Dalam Pencarian Lokasi Museum Di Daerah Istimewa Yogyakarta”.

Rastuti, Leon Andretti Abdillah, Eka Puji Agustini (2015) “Sistem Informasi Geografis Potensi Wilayah Kabupaten Banyuasin Berbasis Web”.

Taufiq Hidayat, Ali Tarmuji (2013) “Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Lokasi TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Di ‘Aisyiyah DIY”.

Zuliyanto, Amir Hamzah, Suraya (2014) “Sistem Informasi Lokasi Wisata Candi Di Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Geographic Information System (Gis)”.