Main Article Content

Haris Triono Sigit
Khairul Anwar

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keragaman bahasa daerah yang merupakan kekayaan yang harus dilestarikan. Salah satu dari bahasa daerah di Indonesia yang harus dilestarikan adalah bahasa Jawa Serang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuat kamus digital bahasa Jawa Serang – Indonesia pada perangkat mobile yaitu Smartphone dengan sistem operasi Android. Saat ini Smartphone dengan sistem operasi Android memiliki jumlah pengguna yang besar dan hal ini menjadi kesempatan bagi pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi kamus bahasa Jawa Serang – Indonesia berbasis android. Tujuan utama dari aplikasi kamus bahasa Jawa Serang – Indonesia ini adalah membantu pengguna menemukan terjemahan bahasa Jawa Serang ke dalam bahasa Indonesia dengan mudah sehingga pengguna dapat mempelajari bahasa Jawa Serang dengan cepat. Desain aplikasi ini menggunakan metode algoritma Knuth Morris Pratt (KMP) untuk mencari string kata-kata bahasa Jawa Serang yang akan dicari terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/03/04/n1wj10-ratusan-bahasa-daerah-di-indonesia-punah diakses tgl 30 sept 2015

http://www.kompasiana.com/ridone/bahasa-jawabanten-salah-satu-yang-akanpunah_54f92707a333112b058b4706 diakses tgl 30 sept 2015

Sutanta, Edhy(2011), Pengantar Teknologi Informasi, GrahaIlmu, Yogyakarta.

Safaat, Nazruddin(2011), Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android,Informatika, Bandung.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (2011), Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kedua, Balai Pustaka.

http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/1036/bahasa-jawa-dan-berbagai-variannya diakses tgl 1 Oktober 2015

Knuth, Donald E.Morris, James H.Pratt, Vaughan R.1977. fast Pattern Matching in Strings. SIAM Journal Of Computing Vol 6 No.2.

Journal Informatika, STMIK Inti Indonesia. ISSN:2085-8566 Volume III – Nomor 2, November 2012.

Nugroho, Adi (2010), Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP,Andi Offset, Yogyakarta.

Shalahuddin, Muhammad & Rosa Ariani S, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

http://informatika.web.id/pengertian-uml.htm diakses tgl 1 Oktober 2015