Main Article Content

Thoha Nurhadiyan
Titin Nurfah

Abstract

SMA Pelita Bangsa Lontar merupakan salah satu SMA yang ada di Serang, dalam penilaian guru berprestasi di SMA Pelita Bangsa Lontar  pada umumnya masih menggunakan sistem yang masih manual, sehingga membuat pengolahan data guru teladan sangat lamban, dan banyaknya guru yang ada membuat pengolahan data untuk menentukan guru teladan butuh ketelitian yang sangat tinggi. Semua itu dikarenakan pengolahan data dilakukan oleh kepala sekolah, sedangkan kepala sekolah sendiri sehari-harinya mengajar para siswa, sehingga waktu yang ada sangat kurang untuk melakukan penyeleksian guru teladan. Skripsi ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan guru teladan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting, dimana pada setiap kriteria memiliki bobot tersendiri. Bobot yang telah diberikan berfungsi untuk memprioritaskan kriteria mana yang lebih diunggulkan. Setelah nilai yang telah ada dimasukan kedalam rumus Simple Additive Weighting akan menghasilkan output nilai prioritas tertinggi pada semua guru. Sistem pendukung keputusan ini membantu penilaian setiap guru, melakukan perubahan kriteria, dan perubahan nilai bobot. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan guru teladan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Kusrini, (2007) ”konsep dan aplikasi sistem pendukung keputusan”. Yogyakarta: penerbit andi,.

D. Novriansyah, (2012) “Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan” Penerbit Budi Utama.

B. S. D. Oetomo, (2002) “Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sri Kusumadewi dan Sri Hartati, (2006 ) “Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy-MADM)”, Penerbit Andi, YogSistem Teknologi informasi , Andi Yogyakarta.

Dr. Hamka Abdul Azis Msi (2012) “ Karakter guru Profesional” penerbit Almawardi Prima.

Prof. Pupuh Fathurrohman (2012 ) “Profesional” Penerbit Refika Aditama .

Djon Irwanto, (2007) “Perancangan Object Oriented Software dengan UML”, Andi Yogyakarta ,.

Andi Sunyoto, (2007) ” Pemrograman Database dengan Delphi7.0 dan Microsoft SQL”, Andi Offset. Yogyakarta.

Arizona, Yoga, dan Winarno, Agus (2012) “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Teladan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Sribhawono Menggunakan Metode SAW”

Alantaqi, W. (2010)” Rahasia Menjadi GuruTeladan Penuh Empati,Inspiratif untuk para guru (PNS, Swasta, dan Honorer). Yogyakarta : grahailmu

Harold Situmorang (2015), ” Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Langkat Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tanjung Pura Dengan metode Simple Additive Weighting (SAW).