Main Article Content

Muhamad Ibrohim
Novi Purwanty

Abstract

Sistem pakar untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa ini merupakan suatu sistem pakar yang dirancang sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa dengan basis pengetahuan yang dinamis. Pengetahuan ini didapat dari berbagai sumber, diantaranya penelitian yang dilakukan oleh pakar dalam bidangnya serta buku yang berhubungan dengan gaya belajar. Basis pengetahuan disusun sedemikian rupa kedalam suatu database dengan beberapa tabel diantaranya tabel siswa, tabel penilaian, dan tabel pengguna untuk mempermudah kinerja sistem dalam penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan dalam sistem pakar ini menggunakan metode inferensi forward chaining. Sistem pakar ini akan menampilkan pertanyaan ciri-ciri gaya belajar yang dirasakan, selanjutnya sampai mendapatkan hasil akhir. Pada hasil akhir sistem pakar akan menampilkan jenis karakteristik gaya belajar yang dimiliki oleh siswa.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Forward Chaining, Gaya Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
1. Arylien Ludji Bire, dkk (2014), “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Audiotorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Kependidikan 44:168-174.

2. Dewi Miranti Wijaya dan Wahyu Kusuma Raharja (2015). “Implementasi Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Penentuan Karakter Diri Berbasis Website Menggunakan Framework Codegigniter”. Jurnal Prosiding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Teknik Sipil) 3:14-20.

3. Eka Wulansari Fridayanthie (2015). “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Peralatan Hiking Berbasis Dekstop pada Toko Cimone Outdoor Tanggerang”. Jurnal Khatulistiwa Informatika 3:143-151.

4. Febi Nur Salisah (2015), “Sistem Pakar Penentuan Bakat Anak Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining”. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi 1:63-66.

5. Junierissa Marpaung. (2015). “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa”, Jurnal KOPASTA 2:82-86.

6. M.Nur Ghufron dan Rini Risnawati,S (2010). Gaya Belajar kajian teoritik. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

7. Miftahul Huda (2013), Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: PUSTAKA PELAJAR

8. Narish Cahyaning dan Wahyudin (2016) , “ Sistem Pakar Berbasis Web Menentukan Metode Belajar Anak Berdasarkan Karakteristik Dominan”, Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa 2:150-154.

9. Puja Putri Abdullah (2016). “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Ayam Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android”. Skripsi. Jurusan Ilmu Komputer. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Lampung.

10. Rosmaini Sembiring dan Mukhtar (2014), “Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap hasil Belajar Matematika”. Jurnal Teknologi Pendidikan 7:58-69.

11. Siti Rohani, (2012). “Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Modalitas atau Gaya Belajar Anak.”. Skripsi. Teknik Informatika. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

12. T.Sutojo, dkk. (2011). Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.