Main Article Content

Desmira Desmira
Didik Aribowo
Poppy Oktavia

Abstract

Seiring dengan berkembangnya era zaman dan teknologi yang semakin hari semakin canggih, disini penulis ingin mengembangkan manfaat dari sebuah handphone genggam atau telepon seluler. Dimana awalnya hanya sebagai sebuah alat komunikasi yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah tempat sarana penyimpanan informasi yang efektif dan efisien.  Di dalam penulisan ini, penulis ingin mencoba membuat sebuah perancangan aplikasi yang membahas tentang bangun datar dan ruang sehingga dapat membantu anak-anak yang kesulitan dalam memahami dan mempelajari suatu bangun datar dan ruang.Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan sistem operasi Android. Penulis juga mencoba untuk merancang sebuah aplikasi ponsel sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, karena Android adalah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sisitem operasi, middleware, aplikasi dan open source. Android memudahkan para programmer dalam pembuatan program, karena pembuatan tampilan dibuat terpisah dengan program. Android juga menyediakan plugin untuk Eclipse. Eclipse dapat berjalan diatas beberapa sistem operasi. Dan juga dalam pembuatan aplikasi ini, penulis menggunakan komponen-komponen pada Android SDK (Software Development Kit) dan API (Application Programming Interface) yang menggunakan pemrograman java.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1].DamarullahWandy, Amir Hamzah, dan Uning Lestari. 2013. Aplikasi Pengenalan dan pembelajaran bahasa korea (Hangeul) Berbasis Android. ISSN: 2338-6304. Vol 1. No. 1 Desember 2013
[2] Hermawan, Stephanus, Mudah Membuat Aplikasi Android, Andi Publiser, Jakarta, 2011.
[3].Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Motode USDP. Yogyakarta: Andi
[4].Nurani, Ainindan Nugrahardi Ramadhani. 2014. Perancangan buku Interaktif jarimatika penjumlahan dan pengurangan sebagai altenatif pembelajaran matematika untuk anak usia 5-7 tahun. ISSN: 2337-3520. Vol 3. No. 1 2014
[5].Raharjo, Budi. 2010.Teknik pemrograman pascal. Bandung: Informatika
[6].Rizky,Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta:Prestasi Pustaka.
[7].Safaat, Nazruddin.2014. Android Pemrograman aplikasi mobile smartphone dantablet pc berbasisandroid. Bandung: informatika
[8].Setiawan, Eko. 2014. Perancangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk pembelajaran matematika tingkat SMP dengan metode computer assisted instruction. ISSN: 2301-9425. Vol VI. No.2 April 2014