Main Article Content

Dwi Bayu Rendra
Mochamad Natsir
Ahmad Royani

Abstract

Cloud Computing merupakan sebuah penggabungan antara teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Dengan Cloud Computing semua aktifias user berbasis web dan bukan berbasis desktop. SMK YPP Pandeglang merupakan sekolah swasta di Pandeglang, dimana dalam kegiatan belajar mengajarnya masih harus terpaku pada ruang dan waktu, dengan demikian dirancanglah sebuah sistem dengan memanfaatkan Cloud Computing sebagai alternatif sehingga kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dimana saja baik itu di area sekolah maupun luar sekolah dengan menggunakan sebuah browser baik itu pada PC, Laptop, maupun Smatphone. Sistem ini dibangun dengan menggunakan aplikasi eyeos-1.9 sebagai aplikasi cloud-nya, kemudian Linux Mint sebagai sistem operasi utama yang akan dijadikan server cloud dimana eyeos ini di intall, serta apache2 dan PHP yang digunakan untuk menjalankan dan mengeksekusi aplikasi eyeos tersebut. Kemudian sistem ini juga dibangun dengan menggunakan IP Publik yang didapat dari penyedia layanan internet indihome yang kemudian akan di direct ke IP server cloud melalui sebuah router dari indihome serta bantuan DDNS dari situs no-ip.com yang digunakan untuk mengganti alamat dari eyeos yang sebelumnya harus menggunakan IP Publik pada saat mengakses sistem. Dengan DDNS dari no-ip.com, addres tersebut bisa dirubah menjadi sebuah nama yang mudah diingat oleh semua user.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Afrianto, D.S. (2017). The Power of Owncloud Membangun dan Mengelola Sendiri Teknologi Cloud Di Lingkungan Anda. Yogyakarta: ANDI.
Athailah. (2016). Buku Pintar Virtualisasi. Yogyakarta: ANDI.
Dimensidata.com (2016). Pengertian Macam-macam Jenis Web Server dan Contohnya Lengkap. [Online]. Tersedia: http://blog.dimensidata.com/pengertian-macam-macam-jenis-web-server-dan-contohnya-lengkap/ [21 April 2018].
Gus, Wak. (2014). Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh Cloud Computing. [Online]. Tersedia: http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html/amp [21 April 2018].
Jehabe. (2011). Apa itu eyeOS?. [Online]. Tersedia: http://pacitan.linux.or.id/2011/07/apa-itu-eyeos/ [21 April 2018].
Komputer, W. (2011). Kupas Tuntas Bermacam Aplikasi Generasi Cloud Computing. Yogyakarta: ANDI.
Lumena, anton, dan nainggolan. (2014). “Analisa Dan Perancangan Jaringan Private Cloud Computing Berbasis Web Eyeos.” jurnal techno nusa mandiri. Vol. 13. No.(1). 1 – 8.
Pormes, R. dan Utomo, W.H. (2015). “Analisis Perbandingan Cloud Document Pada Eyeos dan Google Docs.” Jurnal Sistem Komputer. Vol. 5 No.(1). 1-22.
Sugianto, M.V. (2010). Keuntungan Teknologi Virtualisasi & Cloud Computing. [Online]. Tersedia: https://www.excellent.co.id/product-services/vmware/keuntungan-teknologi-virtualisasi-cloud-computing/ [21 April 2018].
Sur, Uya. (2015). Penjelasan Adobe Flash Player Bagi Pengguna Browser. [Online]. Tersedia: https://uyasur.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-adobe-flash-player.html [21 April 2018].
Syamsudin, Lumenta dan Rumagit (2014). “Perancangan Servercloud Computing Menggunakan Proxmox.” E-journal Teknik Elektro dan Komputer. 26 -31.
Ucok, Niswar, dan Lawi (2014). “Kakas Kolaborasi E-Government Berbasis Cloud Computing. J.” Sains & Teknologi. Vol.3 No.(1). 87 – 91.
Yogids (2015). Eye OS: Cloud Operating Sistem Berbasis Web. [Online]. Tersedia: https://yogids.wordpress.com/2015/10/20/eye-os-cloud-operating-system-berbasis-web/ [21 April 2018].

Author Biographies

Dwi Bayu Rendra, Universitas Serang Raya

Fakultas Teknologi Informasi

Mochamad Natsir, Universitas Serang Raya

Fakultas Teknologi Informasi

Ahmad Royani, Universitas Serang Raya

Fakultas Teknologi Informasi