Main Article Content

Sunny Samsuni
Erni Erfiyani

Abstract

AC Fashion Style adalah sebuah toko yang bergerak dalam penjualan produk kecantikan dan fashion. Sistem penjualan yang belum terkomputerisasi merupakan kendala yang dialami Toko AC Fashion Style karena akan mengakibatkan penumpukan dan kerusakan arsip. Maksud dari penelitian ini adalah untuk meminimalkan waktu proses penjualan dengan tujuan untuk meningkatkan volume penjualan sehingga pendapatan Toko AC Fashion Style dapat meningkat. Pengembangan sistem ini menggunakan pendekatan Zachman Framework sebagai kerangka kerja yang sudah teruji. Penelitian diawali dengan pengumpulan data-data menggunakan teknik interview, penyebaran kuisioner, observasi dan studi pustaka. Dengan menggunakan metode User Centered Desing (UCD) data-data kemudian dianalisis kebutuhan data dan kebutuhan proses. Dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML) dirancang gambaran sistem secara keseluruhan. Aplikasi barbasis online yang dibangun menggunakan bahasa PHP dan database MySQL. Setelah sistem terbangun kemudian diimplementasikan langsung pada Toko AC Fashion Style. Sistem kemudian diuji dengan menggunakan Black Box System untuk menguji fungsionalitas sistem. Pengujian terhadap pengguna juga dilakukan dengan menggunakan metode UCD untuk mengukur tingkat usabilty pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah pengujian Blackbox 100% berhasil, pengujian UCD 90% efektif dan efisien dan 85% pengguna merasa puas terhadap situs penjualan online ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Adi Nugroho dan Munawar. (2015). View dan UML. Jakarta.
Alfarisi, M. Salman. (2009). Penerapan User Centered Design (UCD) untuk Mencapai Tingkat Usability yang Tinggi. Skripsi pada FMIPA UPI , Bandung. Tidak Diterbitkan.
Basu, Swasta, DH. (2004). Manajemen penjualan. Yogyakarta: Penerbit BPFE
Yogyakarta, 2002.
Henderi. (2012). Perancangan Sistem Informasi Penerbit Dinas Pendidikan Provinsi Banten.
Hutosoit Firdaus, Jonatan. (2013). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada PT. Indomarco Priscatama dengan menggunakan Metode Bussinies To Consumer (B2C). Pelita Informatika Budi Darma. Vol. 5. No(1). 109-113
Inda, Meidian. (2010). “Membangun Sistem Penjualan Online Dengan Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) : Studi Kasus Toko De-Gauss.” Skripsi pada FMIPA UPI, Bandung.
Kosasi, Sandy. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak. Dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (SNASTIA) [Online]. Edisi 24 Okt 2015. Tersedia: http://jurnal.stmikpontianak.ac.id/file/sandy_kosasi_-_snastia_2015.pdf [ 25 Mei 2016].
Meidian. dkk. (2010). Pengertian Metode User Centered Design (UCD).
MADCOMS. (2011). Membongkar Misteri Adobe Dreamwaver CS6 dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta:Andi.
Ngatimin. (2013). Perancangan Aplikasi E-commerce Toko Buku Qitshi dengan Menggunakan Metode Market Basket Analysis”. Pelita Informatika Budi Darma. Vol. 5. No(1). 26-31.
Pandayin Husna, Arrum. (2012). Penerapan Metode User Centered Design (UCD) pada Aplikasi Katalog Wisata Kuliner Berbasis Web. “Skripsi UIN SUNAN KALIJAGA, Yogyakarta.
Pratama Agus Eka, I Putu. (2014). Komputer dan Masyarakat. Penerbit INFORMATIKA Bandung.
Preece, J., Rogers, Y., Sharp, H., 2002, Interaction design : beyond human- computer interaction, John Wiley & Sons, Inc.
Setiawati, Riska. (2012). Rancang Bangun E-commerce untuk Penjualan Busana Wanita pada Butik Womenwear. “Skripsi Universitas Serang Raya (UNSERA), Serang.
Siregar, Putra Hengki. (2015). “Perancangan Aplikasi E-commerce Pemasaran Produk Kecantikan Dengan Model B2C Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)”. Pelita Informatika Budi Darma. Vol. 9. No(3). 52-58.
Supriyadi, Uli. (2014). “Sistem Informasi Penjualan Air Bersih di CV. Surya Laksana”. Skripsi STTIKOM UI (Insan Unggul), Cilegon.
Wahid, Fathul. (2002). Kamus istilah TEKNOLOGI INFORMASI. Yogyakarta : Andi offset.
Wikipedia.Zachman zramework.https://en.wikipedia. org/wiki/ Zachman_Framework, diakses 05 Juni 2016. 21.35 WIB.