Main Article Content

Agus Irawan
Desmulyati Desmulyati

Abstract

Abstrak - Menghitung kapasitor dengan memanfaatkan teknologi akan menjadi lebih menyenangkan dan mudah dibandingkan menghitung kapasitor menggunakan avometer analog. Menghitung kapasitor akan mudah menyenangkan dan lebih menarik jika menghitung menggunakan aplikasi di dalam gadget yang sedang berkembang pesat saat ini terutama android. Aplikasi perhitungan kapasitor surface mount device berbasis android dengan menggunakan bahasa java dan software eclipse sebagai kompilernya. Terdapat tiga jenis kalkulator kapasitor, diantaranya kalkulator ventax standard two place code, kalkulator samsung alternate two code numbers dan kalkulator samsung standard single place code. Design system yang digunakan ada empat yaitu: Activity Diagram, Usecase Diagram, Sequence Diagram,  dan Deployment Diagram. Keempat komponen tersebut adalah bagian dari UML (Unified Modelling Language).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Ahmad Zaelani. 2006. Pendalaman Kompetensi Matematika dan Uji Latihan Mandiri Untuk Kelas VIII SMP. Bandung: Yrama Widya Tama
A.s, Rosa dan M.Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.
Khairurrijal, Mikrajuddin Abdullah, Neni Surtiyeni, Widayani, dan Euis Sustini.2009.Konsep Komponen Listrik(kapasitor, Induktor, dan Memristor) Menggunakan Analogi Konsep Resistor untuk Pengajaran di Sekolah Menengah Atas.ISSN: 1979-4959.Bandung: Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah Vol. 1, No.4, November 2009. (17 Mei 2015)
Noor Syamsudin dan Noor Saputera. 2014. EFISIENSI PEMAKAIAN DAYA LISTRIK MENGGUNAKAN KAPASITOR BANK. Banjarmasin: Jurnal POROS TEKNIK, Volume 6, No. 2, Desember 2014 : 55 – 102. (12 Mei 2015)
Rudie. 2014. CARA MENGUKUR CAPACITOR SMD.Diambil dari: www.ps3oon.com/2014/05/cara-mengukur-komponen-smd-pada-ps3.html. (09 Juni 2015)
Safaat, Nazrudin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
Wicaksono Deny Satria da fitro Nur Hakim. 2012. MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA INTERAKTIV BAHASAN KAPASITOR BERBASIS FLASE DAN XML. Semarang: Indonesian Jurnal on Computer Science Speed - FTI UNSA Vol 9 No 3 - Desember 2012.(10 Juli 2015)