Main Article Content

Henny Leidiyana
Muhammad Faisal
Purnamawati Purnamawati

Abstract

Bertambah banyaknya kendaraan membuat lalu lintas semakin padat terutama di kota-kota besar. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah perangkat yang bisa mengatur durasi nyala lampu lalu lintas secara otomatis berdasarkan jumlah kepadatan kendaraan per jalur. Pada penelitian ini ini dilakukan perancangan alat timer traffic light menggunakan mikrokontroller ATMega 8535 berdasarkan antrian jumlah kendaraan. Perangkat ini menggunakan LED dan sensor LDR sebagai pendeteksi jumlah kepadatan kendaraan lalu lintas dan Mikrokontroller  Code Vision AVR yang diprogram dengan bahasa biner dan heksadesimal. Dari hasil pengujian miniatur pertigaan jalan raya menunjukkan bahwa perangkat mampu mengontrol timer lampu lalu lintas secara otomatis berdasarkan antrian jumlah kendaraan. Jika kendaraan yang terdeteksi melebihi jumlah angka yang ditentukan (padat) yaitu dua maka secara otomatis lampu akan warna hijau dengan durasi waktu 15 detik, jika kepadatan kendaraan sedang maka secara otomatis lampu berwarna hijau dengan durasi lebih sedikit dari yang padat yaitu 10 detik dan terakhir jika lalu lintas kendaraan kosong atau tidak ada kendaran secara langsung lampu berwarna hijau dan durasinya juga lebih sedikit dibandingkan dengan yang sedang yaitu 5 detik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Adi, Agung Nugroho. 2010. Mekatronika Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu
Jatmika, Sunu, dan Indra Andiko. 2014. Simulasi Pengaturan Lalu Lintas Berdasarkan Data Image Processing Kepadatan Kendaraan Berbasis Mikrokontroler ATMega 16. Vol. 8 No 2, Agustus 2014. Malang.
Afrianto, Deni. 2012. Kamus Komponen Elektronika. PT Kawan Pustaka.
Wirth, Niklaus. 2010. Pemrogramming of Microcontrollers with Ease.
Yayat. 2017. Derita Warga Karena Kemacetan di Jakarta. Diambil dari: http://megapolitan.kompas.com/read/2017/02/07/20531451/derita.warga.karena.kemacetan.di.jakarta