Main Article Content

Desmira Desmira
Dwi Sumarto
Ririn Yuliani

Abstract

Transfer data serta pengiriman email secara offline merupakan permasalahan yang terdapat pada PT.Teras Inti Media, karena kurangnya device jaringan yang memadai untuk membangun sebuah server yang menyediakan layanan tersebut. Mail server merupakan sebuah layanan yang menyediakan layanan email yang dapat mengirim dan menerima suatu email dan kemudian menyimpannya dalam suatu data storage. Penelitian ini menggunakan squirrelmail dengan berbasis MTA. Mail server ini digunakan untuk berkomunikasi dan transfer data secara offline menggunakan jaringan lokal.Mail server dapat dibangun dengan jenis komputer server serta spesifikasi yang sesuai. Topologi jaringan merupakan salah satu pendukung agar sistem jaringan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rancangan mail server. Setelah dilakukan pengujian maka didapat bahwa dengan adanya mail server dan email domain majalahteras.co.id dapat meningkatkan sarana komunikasi, penyimpanan data pusat dan kontrol jaringan terpusat dari server pada PT. Teras Inti Media.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Andika, dkk. (2012).”Perancangan dan Implementasi server pada CV.Sanjaya Anugerah Sejahtera (ISP JOGJARINGAN) Berbasis Open Source.” Jurnal Dasi. Vol. 13. No. 2.

[2] F. Danphi (2008). “Zimbra Mail Server With Ubuntu 8.04”, Infomatika, Jakarta, 2010.

[3] Hakim, dkk. (2015). “ Perancangan Mail Server dengan Menggunakan Exchange Server Studi Kasus di STMIK Bina Sarana Global.” Jurnal Sisfotek Global. Vol. 5. No. 2.

[4] Kurniawan, W (2007). Macam-Macam Topologi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

[5] Mangkusumo, dkk. (2013).”Analisa dan Perancangan Keamanan Mail Server Zimbra pada Sistem Operasi Ubuntu.” E-journal Teknik Elektro dan Komputer, Manado.

[6] Sadikin, N. (2014).”Implementasi Email Server Terdistribusi pada Jaringan Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN).”

[7] Sembiring J.H (2001). Jaringan Komputer Berbasis Linux. Jakarta: Elex Media Komputindo.

[8] Setyawan, A. (2015).”Perancangan Mail Server Intranet Berbasis Web Base dengan Optimalisasi Operasi Sistem Client.” Jurnal Teknik Komputer Amik BSI. Vol. 1 No. 1.

[9] Siti, dkk. (2013).”Perancangan Mail Server Untuk Layanan Webmail Dan Aplikasi Mail Compose Berbasis VB.Net 2010.”Jurnal Teknika. Vol. 5 No. 2.

[10] Sumathi. dkk. (2014). ”Enhanced Email Dispersion Enforce Using Mail Server.” International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering. India. Vol. 3, Issue 1.