Main Article Content

Edi Haerulah
Sri Ismiyatih

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap “XYZ”. “XYZ” merupakan sebuah toko yang menjual souvenir pernikahan yang berdiri sejak tahun 2013 yang beralamatkan di  Jalan Kaligandu Lingkungan Kubang Welingi. Sistem penjualan dan pengolahan data di toko ini masih dilakukan secara konvensional mengakibatkan terbatasnya peluang pemasaran dan proses transaksi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menyediakan aplikasi penjualan elektronik souvenir pernikahan pada toko “XYZ” sehingga pelanggan dapat memperoleh informasi secara cepat, serta dapat melakukan transaksi belanja online. Metode penelitian yang digunakan yaitu SDLC ( Systeme Development Life Cycle ) dengan menggunakan pemodelan sistem aplikasi UML ( Unified Modeling Language ), serta perancangannya menggunakan xampp, dreamweaver, database MySQL phpMyadmin, bahasa pemrogramannya PHP dan pengujiannya menggunakan Blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi penjualan elektronik (e-commerce) penjualan souvenir pernikahan pada “XYZ”. Untuk penelitian yang sejenis disarankan agar fitur-fitur pada aplikasi dirancang sesuai dengan target pasar, dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan admin toko.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Anhar, ST. (2010). Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.
[2] Hastanti, Rulia Puji, dkk. (2015).“Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) pada Tata Distro Kabupaten Pacitan.” Jurnal Bianglala Informatika. Vol. 3. No. 2.
[3] Himawan, dkk. (2014).“Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif.” Scientific Journal Of Informatics. Vol. 1. No. 1.
[4] Jauhar, Jaidan. (2010).“Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce.” Jurnal Sistem Informasi. Vol. 2. No 1.
[5] Kosasi, Sandy. (2014).“Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar.” Prosiding SNATIF.
[6] Madcoms. (2008). Mahir Dalam Tujuh Hari Adobe Dreamweaver CS3 dan PHP. Yogyakarta: Andi.
[7] P Boedi, Dessyanto, dkk. (2010).“Aplikasi Penjualan Mobile Commerce Penjualan Buku pada Penerbit PRO-U Media Yogyakarta.” Seminar Nasional Informatika.
[8] Suyatno, M (2003). Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.
[9] Whitten JL, Bentley LD, Dittman KC. (2004). “System Analysis and Design Methods.” Yogyakarta: Andi.